Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Padang - 08/03/2013 09:30 WIB

Kesbangpol Padang: KPU Jangan Khawatirkan Dana Pilkada

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan dana pemilihan kepala daerah karena sudah dianggarkan dalam APBD 2013.

Kepala Kantor Kesbangpol Padang Eri Sanjaya di Padang, Jumat, mengatakan dalam APBD 2013 telah dianggarkan dana pelaksanaan pilkada sebesar Rp20 miliar.

Meski anggaran tersebut lebih rendah dari permintaan KPU yakni Rp21,4 miliar, kata Eri, KPU tidak perlu khawatir.

"Jika memang dalam perjalanan nanti ternyata anggaran yang disediakan saat ini kurang, tentu dapat ditambah melalui pagu anggaran lain," katanya.

Menurut Eri, dana pilkada merupakan dana hibah sehingga pencairan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan, tidak bisa diserahkan sekaligus kepada KPU. Hal itu sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 54 tentang Pengelolaan Keuangan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

"Dalam Pasal 25 dijelaskan pencairan anggaran tersebut berdasarkan tahapan, tidak secara menyeluruh seperti permintaan KPU saat ini," jelasnya.

Eri menambahkan, dana yang dipakai KPU tersebut merupakan uang negara, uang rakyat, dan penggunaannya jelas memiliki aturan, bukan berdasarkan anggapan, opini, ketakutan, atau kecemasan.

"Artinya, jika untuk tahapan Oktober tidak mungkin diberikan pada Maret, silakan minta secara triwulan dan sesuai dengan kebutuhan saat ini," kata Eri.

Menurut Eri, pencairan anggaran secara bertahap tidak hanya berlaku bagi KPU, namun juga bagi instansi pemerintah yang lain. Ia mencontohkan Kesbangpol memiliki anggaran Rp7,4 miliar untuk satu tahun, namun yang dicairkan baru Rp700 juta berdasarkan kebutuhan per triwulan.

Eri mengemukakan hal itu terkait masih adanya keraguan dari KPU untuk menjalankan tahapan-tahapan Pilkada Padang untuk memilih wali kota dan wakil wali kota priode 2013 - 2017.

KPU hingga saat ini bersikukuh menginginkan adanya nota kesepahaman (MoU) mengenai dana hibah untuk pelaksanaan pilkada dengan Pemkot Padang sebelum tahapan pilkada dilakukan. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - Hari ini, jam 08:51 WIB WIB

Curi Perabot Rumah, Buruh Lepas Disidang..


Padang - Hari ini, jam 07:33 WIB WIB

Padang Gulirkan Program Stategis Sesuai Kebutuhan..