Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 02/04/2013 12:17 WIB

Disbudpar Gelar Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Sumatera Barat akan menggelar pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kota Padang tahun 2013.

"Pemilihan uda dan uni Duta Wisata Kota Padang tahun 2013 dimulai pada tanggal 2 hingga 13 April 2013 yang akan diikuti oleh generasi muda Kota Padang,"kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Ali Basar, di Padang, Selasa.

Menurut dia, pemilihan uda dan uni Duta Wasita Kota Padang merupakan agenda tahun Disbudpar Kota Padang untuk memperkenalkan adat istiadat serta budaya minang kepada generasi muda.

"Pemilihan Uda dan Uni duta wisata Kota Padang, direncanakan akan dibuka oleh Ketua PKK Kota Padang, Muthia Fauzi Bahar di Gelanggang Silih Berganti Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang pada 2 April 2013,"ujar dia.

Peserta sebanyak 100 ini akan mengikuti tahapan babak penyisihan pemilihan uda/uni Duta Wisata Kota Padang hingga 6 April 2013. Pihak panitia melakukan seleksi sangat ketat untuk menjaring sebanyak 20 orang untuk maju babak Final, kemudian akan diseleksi lagi memasuki babak grand final untuk memilih Uda/Uni Duta Wisata Kota Padang tahun 2013.

"Prosesi pemilihan uda-uni Duta Wisata Kota Padang, dimana peserta akan dinilai dari segi kecapakannya salah satunya fasif dalam berbahasa asing dan memiliki jiwa kecintaan terhadap kepariwisataan serta budaya, pemilihan secara telaten itu akan menghadirkan para dewan juri yang berasal dari Sumatera Barat,"jelas Ali Basar.

Dia mengatakan, peserta yang terpilih menjadi duta Wisata tahun 2013, merupakan salah satu ujung tombak pemasaran Pariwisata Kota Padang.

"Disamping ujung tombak pemasaran pariwisata, mereka juga akan diturunkan untuk berbagai kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Padang,"kata dia.

Menurut dia, pemilihan uda/uni Duta Wisata ini Kota Padang merupakan salah satu upaya untuk memacu sendi-sendi budaya Minangkabau serta membentuk semangat generasi muda yang tidak terlepas dari Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

"Pemilihan yang kita gelar itu tidak sama dengan pemilihan even-event lainya, salah satu contohnya pemilihan ratu ini dan itu, akan tetapi ini merupakan salah satu cerminan jati diri budaya Minangkabau,"ungkap dia.

Pemilihan uda/uni yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang merupakan acara yang tidak berbaur dengan hal negative. Alasannya, acara yang ditampilkan merupakan acara yang sopan dengan menampilkan budaya Minangkabau sebagai bentuk kecintaan akan budaya serta dunia parwisata.

"Pemilihan uda/uni Duta Wisata ini berkaitan dengan integritasi generasi muda, kecintaan terhadap kebudayaan Minangkabau,"ujar Ali Basar.(*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - Hari ini, jam 12:14 WIB WIB

KPU Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Padang..


Padang - 19/04/2014 09:06 WIB WIB

Polresta Padang Siap Amankan Pleno Rekapitulasi..