Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 17/05/2013 04:36 WIB

Universitas Padang Kawal Pemasangan Pengamanan Arus Listrik

Padang, (Antara Sumbar) - Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Bung Hatta (UBH) Padang siap mengawal pemasangan pengaman arus listrik sisa (earth leake circuit breaker/ELCB) untuk keselamatan dan kenyamanan masyarakat khususnya pelanggan listrik PLN.

"Untuk itu, FTI UBH melaksanakan upaya dalam mempersiapkan sumber daya kelistrikan (SDM) kelistrikan yang siap diterjunkan untuk pemasangan pengaman ELCB," kata Rektor UBH, Prof Dr Niki Lukviarman, SE Akt MBA, di Padang, Jumat.

Dalam hal ini, UBH telah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) Sumbar dan PT Scheneider Electric Indonesia untuk melaksanakan pelatihan dan pembekalan bagi calon tenaga kelistrikan.

Menurut dia, upaya mempersiapkan SDM kelistrikan juga sebagai bentuk peran serta UBH dalam dunia pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain ini, UBH khususnya FTI siap mengawal dan membantu memonitoring maupun jadi pendamping dalam pengawasan dan pelakasanaan pemasangan ELCB, dengan menurunkan tim dari staf pengajar maupun mahasiswa yang berkompeten dibidang ini, tambahnya.

Sebelumnya, FTI UBH telah melaksanakan pelatihan dan pembekalan pengamanan pemasangan instalasi listrik dan pembekalan pemasangan gawai pengaman arus sisa (ELCB) yang dilaksanakan bersama AKLI dan PT Scheneider Electric Indonesia.

Kegiatan itu diikuti 402 orang peserta dari anggota AKLI Sumatera Barat, dosen, karyawan dan mahasiswa FTI UBH, kalangan dosen dan mahasiswa jurusan kelistrikan se-Sumbar, guru dan pelajar sekolah penerbangan dan SMK kelistrikan serta masyarakat umum lainnya.

Pelatihan ini, dalam rangka menunjang kegiatan Tridarma perguruan tinggi dengan tujuan melatih pemasangan instalasi listrik berdasarkan standar dengan pemakaian ELCB berstandar SNI.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memperkecil resiko kebakaran dan sengatan listrik (setrum) untuk keselamatan dan kenyamanan masyarakat Sumbar, khususnya pelanggan listrik PLN. (*/H14/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 29/07/2014 04:38 WIB WIB

Objek Wisata Pantai Padang Ramai Dikunjungi..


Padang - 29/07/2014 03:39 WIB WIB

Pengunjung Berbagai Provinsi Mulai Ramaikan..