Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Padang - 18/05/2013 06:32 WIB

Dua PNS Pemkot Padang Maju Pilkada

Fauzi Bahar

Fauzi Bahar

Padang, (Antara Sumbar) - Dua pegawai negeri sipil di Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat pada Oktober 2013.

"Dua PNS yang bakal maju pilkada itu yakni Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Padang Firdaus Ilyas dan Mantan Kabag Investasi, Azwin," kata Wali Kota Padang, Fauzi Bahar di Padang, Sabtu.

Menurut dia, Azwin maju dalam pilkada melalui jalur independen, sedangkan Firduas Ilya belum tahu apakah maju melalui jalur independen atau dari partai politik.

Hal itu merupakan hak mereka sebagai warga negara untuk maju dalam pilkada. "Kita tidak akan menghalang-halangi keinginan untuk maju dalam pilkada tersebut, tetapi harus menaati peraturan yang ada," kata Fauzi Bahar.

Dia mengatakan, dua PNS itu telah mengajukan cuti sejak Februari 2013 ke Badan Kepegawaian daerah (BKD) disebabkan maju dalam pilkada Kota Padang.

"Surat cuti dari dua orang PSN untuk maju dalam pilkada tersebut sedang dalam proses oleh BKD," kata dia.

Dia menambahkan, kedua PNS itu harus mengikuti peraturan jika maju dalam pilkada. Sebab, PNS tidak boleh terlibat aktif dalam kegiatan politik sesuai dengan surat BKN Nomor 10/ 2005 Pasal 2 ayat 1.

"Jika memang maju dalam pemilukada harus mengajukan cuti," ujar dia.

Terkait adanya dua orang PNS di lingkungan Pemkot Padang menjadi calon legislatif dari salah satu partai politik, Fauzi Bahar menyatakan, belum mendapat laporan ada dua orang PNS di lingkungan Pemkot Padang jadi caleg salah satu partai politik.

"Kalau memang ada, maka mereka harus mundur untuk caleg, sesuai dengan aturan netralitas PNS dalam UU Nomor 8 Tahun 2012," kata dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Padang M Sjahbana Sjam menyatakan, KPU menemukan berkas bakal calon legislatif Pemilu 2014 berstatus pegawai negeri sipil saat melakukan verifikasi.

"Kita akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk mengetahui status bacaleg yang bersangkutan," katanya.

"Koordinasi dengan pihak BKD Padang penting untuk memastikan apakah bacaleg yang bersangkutan telah mengundurkan diri dari PNS atau belum," kata dia.

Dia menambahkan, bacaleg tersebut harus memilih apakah akan melanjutkan menjadi calon anggota legislatif atau tetap sebagai PNS.

"Kalau bacaleg itu belum mengundurkan diri dari PNS, pencalonannya sebagai calon legislatif DPRD Padang harus dibatalkan," ungkap dia. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 24/10/2014 06:06 WIB WIB

Unand Bentuk Tim Khusus Persiapan UI Green Metric..


Padang - 24/10/2014 05:52 WIB WIB

Unand Tuan Rumah Festival Pramuka se-Sumatera..