Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 01/07/2013 06:46 WIB

Pendaftaran Peserta Pilkada Padang hingga 5 Juli

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menyampaikan pendaftaran bakal calon Wali Kota Padang periode 2014-2019 dibuka hingga 5 Juli 2013.

"Pada hari pertama pendaftaran belum ada kandidat yang mendaftar. Diharapkan bagi kandidat yang berkasnya telah rampung agar segera mendaftar," kata Koordinator Divisi Perencanaan dan Teknis Pemilu KPU Padang M Sjahbana Sjam di Padang, Senin.

Dikatakannya, kandidat dapat melakukan pendaftaran ke kantor KPU Padang mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan membawa berkas yang telah ditetapkan sesuai aturan.

Ia menyampaikan kandidat dari jalur perseorangan diharuskan membawa berita acara hasil penelitian syarat dukungan yang dikeluarkan panitia pemilihan kecamatan.

Pendaftaran tetap dapat dilakukan kendati berdasarkan berita acara jumlah syarat dukungan minimal belum terpenuhi karena akan diberi waktu melengkapi pada masa perbaikan, kata dia.

Dikatakannya, bakal calon wali kota dari jalur perseorangan harus mengantongi minimal 36.544 dukungan yang dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk, yang berasal dari minimal enam kecamatan dan harus ada dari setiap kelurahan.

Sementara bagi kandidat yang diusung partai politik maka partai pengusung harus memenuhi ketentuan memiliki minimal 15 persen dari kursi DPRD atau 15 persen akumulasi perolehan suara pada Pemilu 2009.

Dengan demikian partai atau gabungan partai yang mengusung harus memiliki minimal tujuh kursi di DPRD atau jumlah suara minimal 331.887 suara.

Kemudian, pada saat pendaftaran selain membawa sejumlah berkas sesuai ketentuan, yang paling penting jika yang mengusung adalah gabungan partai harus menyiapkan surat keputusan gabungan partai politik yang mengajukan pasangan calon serta ditandatangani oleh pimpinan parpol. dalam hal ini ketua dan sekretaris.

"Jika salah satu tidak menandatangani persyaratan dianggap tidak lengkap dan tidak diterima," kata dia.

Selain itu harus ada surat keputusan pengurus partai politik yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM.

Berdasarkan komposisi partai politik di DPRD Padang, hanya Partai Demokrat yang dapat mencalonkan kandidat sendiri karena memiliki 17 kursi, sedangkan partai lain harus berkoalisi dalam mengusung calon.

Namun, hingga saat ini belum ada satu pasang calon dari partai politik yang telah mendeklarasikan diri.

Sedangkan dari jalur perseorangan terdapat tujuh pasang calon yang telah menyerahkan berkas dan dapat mendaftar yaitu Maigus Nasir-Armalis, Syamsuar Syam-Mawardi Nur, Ibrahim-Nardi Gusman, Kandris Asrin-Indra Dwipa, Desri Ayunda-James Helyward, Indra Jaya-Jefri Hendri Darmi, dan Asnawi Bahar-Surya Budhi. (*/wan)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 17/04/2014 09:32 WIB WIB

BKKBN Sumbar Sediakan Bantuan Pembuatan Skripsi..


Padang - 16/04/2014 08:23 WIB WIB

Polresta Padang Giatkan Razia Lalu Lintas..