Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 24/09/2013 07:49 WIB

DPRD Padang Desak Pemkot Bantu Korban Kebakaran

Padang, (Antara Sumbar) - DPRD Kota Padang mendesak pemerintah daerah setempat memberikan bantuan terhadap korban kebakaran Pasar Simpang Haru yang menghaguskan 20 kios di ibu kota Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Muharlion di Padang, Senin, mengatakan, pemerintah daerah harus memberikan perhatian terhadap para pedagang yang tertimpa musibah kebakaran yang terjadi Senin pagi.

Ia mengatakan, akibat musibah yang menghanguskan 20 kios itu Pemkot Padang perlu segera membuatkan tempat untuk mereka agar dapat kembali berdagang.

"Pemkot Padang perlu memberikan bantuan terhadap para pedagang yang kiosnya tertimpa musibah tersebut, dan kita dari DPRD Padang telah meninjau langsung lokasi kebakaran tersebut, dan cukup prihatin dengan kejadian ini," jelas Muharlion.

Dia menambahkan, selain itu, pihak kepolisian juga perlu untuk mengusut tuntas penyebab kebakaran yang terjadi tersebut, dari mana sumber api, dan lainnya, sebab kita tidak bisa menduga-duga, dan perlu penyelidikan pihak yang berwajib.

Anggota legislatif tersebut juga menjelaskan, dari pertemuan dengan para pedagang, ada harapan untuk pemerintah daerah memberikan bantuan, berupa perbaikan kios mereka yang terbakar, dan diperkirakan dana yang dibutuhkan untuk itu sekitar Rp84 juta.

Sehubungan dengan itu, berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD dan Damkar) kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar.

"Dua puluh toko yang terbakar itu mengakibatkan kerugian mencapai Rp2,5 miliar," kata Kabid BPND dan Damkar Kota Padang, Edi Asri.

Menurut dia, berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, kebakaran itu diperkirakan akibat arus pendek yang berasal dari salah satu toko di pasar tersebut.

Untuk memadamkan api BPBD dan Damkar Kota Padang mengerahkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran dan 86 petugas, dan pemadaman baru dapat dilakukan sekitar dua jam, dan kasus kebakaran ini telah dilimpahkan kepada pihak kepolisian.

Sementara itu, terkait kebakaran tersebut, pihak Dinas Pasar Kota Padang, juga telah melakukan dialog dengan para pedagang, untuk mencarikan solusi terbaik bagi para pedagang yang tertimpa musibah. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 29/07/2014 04:38 WIB WIB

Objek Wisata Pantai Padang Ramai Dikunjungi..


Padang - 29/07/2014 03:39 WIB WIB

Pengunjung Berbagai Provinsi Mulai Ramaikan..