Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Idul Adha 1435H
Berita

Padang - 17/02/2010 03:49 WIB

Rp1,3 Milar untuk Renovasi Masjid Raya Ganting

Berita lainnya Baca juga

Padang, (Antara Sumbar) - Setelah mengalami kerusakan cukup parah pascagempa 30 september 200, Masjid Raya Ganting mendapatkan bantuan dana renovasi dari Bank Mandiri sebesar Rp1,3 miliar dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

"Rekonstruksi masjid tertua di Sumbar yang berumur lebih dari 100 tahun ini, merupakan salah satu nota kesepahaman untuk renovasi pascagempa yang ditanda tangani Pemko Padang dengan Bank Mandiri," ujar Walikota Padang, Fauzi Bahar saat peletakan batu pertama renovasi Masjid Raya Ganting, Rabu (17/2).

Nota kesepahaman lain yang telah ditanda tangani Pemko yaitu untuk renovasi perumahan, fasilitas umum seperti SD Damar, dan Puskesmas Padang Pasir.

Dikatakannya, bantuan renovasi dari Bank Mandiri merupakan salah satu bantuan terbesar yang diterima Kota Padang pascagempa September lalu. Dia juga mengaku, tanpa adanya bantuan dari pihak swasta, butuh ratusan tahun untuk membangun kembali lagi fasilitas di Kota Padang.

Dia mencontohkan, jumlah sekolah yang rusak di Padang sekitar 500 unit, andai tiap tahun Pemko memperbaiki lima unit, tentu butuh sekitar 100 tahun untuk memperbaiki semuanya.

Masjid Raya Ganting menjadi sasaran bantuan Bank Mandiri, menurut Direktur Utama Bank Mandiri, Agus Martowardojo, disebabkan masjid ini merupakan bangunan tertua yang memiliki nilai sejarah.

Di Masjid Raya Ganting yang terletak di Jalan Ganting 3, Kelurahan Ganting Pasar Gadang Kecamatan Padang Timur Kota Padang mendapatkan bantuan yang berdiri pada 1805 ini, dulu pernah shalat tokoh-tokoh nasional dan tempat mengungsinya Bung Karno. (cpw-14/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - Hari ini, jam 02:57 WIB WIB

Sekdako: Pergerakan Inflasi Padang Stabil..


Padang - Hari ini, jam 01:38 WIB WIB

Ada Warga Miskin Belum Mampu Biayai Pendidikan..