Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Idul Adha 1435H
Berita

Padang - 23/03/2010 12:43 WIB

RS Ibnu Sina Tidak Naikkan Tarif

Padang, (Antara Sumbar) - Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yarsi, Sumatra Barat (Sumbar), sejak tahun 2007, tidak menaikkan tarif, karena perusahaan menilai rumah sakit ini juga milik masyarakat.

"Tarif layanan kesehatan tidak dinaikkan, karena perusahaan pelayan kesehatan ini milik masyarakat juga dan sekaligus sebagai bentuk peningkatan rasa sosial perusahaan," kata Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yarsi Sumbar Dr Ane di Padang, Selasa.

RS Islam Ibnu Sina Yarsi yang berdiri di Padang pada 30 Mei 1972, memberi pelayanan kesehatan kepada karyawan perusahaan, seperti PT. Telkom, PT. PN VI, PLN Wilayah Cabang, PT Bakrie Pasaman Plantation, Mutiara Agam, Asuransi, dan Askes PNS.

Menurut Ane, kendati RS itu merupakan perusahaan pelayanan kesehatan murni swasta non-Jamkesmas, namun tarif pelayanan tetap tidak dinaikkan.

Apalagi dengan pertimbangan tarif pelayanan kesehatan tidak dinaikkan juga terkait Sumbar baru saja diguncang gempa berkekuatan 7,9 SR hingga jumlah kunjungan pasien meningkat 20 - 25 persen, katanya.

"Peningkatan terkait banyaknya korban gempa butuh perawatan. Sementara itu, sejumlah rumah sakit di Sumbar khususnya pada dua daerah di provinsi itu, yakni Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang mengalami kerusakan terparah," katanya.

Dampaknya rawat jalan --yang mendapat pelayanan pada poliklinik umum dan poli spesialis-- yang ditangani rumah sakit tersebut mencapai 100-110 pasien setiap hari atau terjadi pula peningkatan sebanyak 25-30 persen.

Sementara jumlah tempat yang tidur tesedia sebanyak 80 unit, dan kegiatan operasi/bedah mencapai 200 pasien setiap bulan atau tercatat sebanyak 6 pasein nnhbedah setiap hari.
"Dalam menangani pelayanan operasi rumah sakit ini memiliki 32 dokter spesialis bedah, yakni mata, internie, anak, gigi, dan THT," katanya.

Ia menyebutkan, untuk layanan kamar VIP khusus, manejemen menetapkan tarif sebesar Rp430 ribu per hari, kategori vip Rp325 ribu per hati, untuk kelas utama Rp275 ribu per hari dan kelas I A Rp185 ribu per hari. Kelas Ib Rp150 ribu per hari, kelas 2 Rp130 ribu per hari, kelas 3 kebidanan Rp80 ribu per hari serta kelas tiga (bangsal) Rp70 ribu per hari. (*/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - Hari ini, jam 12:14 WIB WIB

Pemkot Padang Berencana Lakukan Perombakan SOTK..


Padang - Hari ini, jam 11:27 WIB WIB

Wako Padang Sampaikan Delapan Ranperda Baru..