Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Pariaman - 16/03/2013 08:58 WIB

Sebanyak 36 LSM/Ormas Aktif di Pariaman

Pariaman, (Antara Sumbar) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pariaman, Sumatera Barat mencatat 36 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang aktif di kota itu hingga Maret 2013.

"Dari 56 LSM dan Ormas yang terdaftar di Kesbangpol Kota Pariaman, hanya 36 yang aktif di Kota Pariaman," kata Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pariaman Fakhrizal di Pariaman, Sabtu.

Menurutnya, Kesbangpol Pariaman sudah berkali-kali mengirimkan surat beserta formulir pendaftaran kepada LSM dan Ormas yang tidak aktif, namun pengurus LSM terkesan kurang diabaikan.

"Kita Sudah berkali-kali mendatangi LSM dan Ormas yang ada di Kota Pariaman meminta untuk membuat sekretariat di tempat masing-masing dan melakukan pendaftaran ulang di kantor Kesbangpaol,"ungkap dia.

LSM dan Ormas yang terdaftar di Kota Pariaman itu terdiri dari berbagi bidang dintaranya mulai antikorupsi, ekonomi, SDM, pendidikan dan lain sebagainya.

"Keberadaan LSM dan Ormas yang masuk dari data Kesbangpol ini sudah sesuai dengan peraturan dan perudang-undang yang berlaku," kata Fakhrizal.

Dia mengatakan legalitas sebuah LSM sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh apalagi keterbukaan itu sudah diatur oleh undang-undang.

"Evaluasi terhadap LSM di Pariaman ini dalam rangka tertib administrasi," ujar dia.

Menurut dia, pendataan LSM dan Ormas penting dilakukan untuk mempermudah proses koordinasi serta mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban karena aksi yang dilakukan para LSM dan Ormas yang tidak terdaftar.

Ada program pembinan dan bantuan terhadap ormas dan LSM yang legal, terdaftar dan memiliki data administrasi serta badan hukum yang jelas. Setiap LSM dan Ormas yang hendak mengajukan permohonan bantuan ke kabupaten atau pun propinsi harus sudah terdaftar.

"Dan bantuan tidak akan dicairkan jika tidak terdaftar di kesbanglimas Kota Pariaman," ungkap dia.

Sejumlah LSM di Pariaman untuk proaktif dan bermitra dengan pemerintah. Selain itu, juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan Pemerintah Kota Pariaman.

Jika mengacu pada tupoksi LSM, sebetulnya tidak hanya sebagai pengontrol kebijakan pemerintah, sebaliknya LSM berperan untuk membantu pembangunan, apalagi sejak dikeluarkannya Permendagri tentang kerjasama Ormas dan LSM.

Hal ini merupakan kesempatan emas bagi Ormas dan LSM untuk bermitra dengan pemerintah. Sehingga potensi LSM akan bermuara ke arah yang positif, kata Fakhrizal. (*/zon/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Pariaman - 17/12/2014 03:22 WIB WIB

UMKM dan Pengrajin di Pariaman Meningkat..


Pariaman - 11/12/2014 08:37 WIB WIB

Wali Kota Kukuhkan Pengurus IPHI Pariaman..