Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Pariaman - 09/04/2013 08:52 WIB

Pariaman Segera Perbaiki Jalan Rusak Jelang TDS

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat segera memperbaiki ruas jalan rusak menjeleng pelaksaan ajang balap sepeda Tour De Singkarak (TDS) tahun 2013.

"Beberapa ruas jalan yang rusak di Kota Pariaman akan segera dilakukan perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pariaman," kata Walikota Pariaman, Mukhlis Rahaman, di Pariaman, Selasa.

Menurut dia, pekerjaan dan perbaikan jalan itu nantinya ditargetkan selesai sebelum ajang TDS yang direncanakan dilaksanakan pada pada 2-9 Juni 2013.

"Sehingga bisa dilewati peserta kejuaran balap sepeda TDS itu," ungkap dia.

Pemerintah tidak menginginkan adanya ruas jalan di Kota Pariaman yang rusak sehingga dapat mengganggu para pebalap sepeda TDS. "Jika jalan rusak akan berakibat fatal bagi para pebalap, dimana akan terjadi tabrakan sesama pebalap nantinya saat ajang TDS,"jelas Mukhlis Rahman.

Dia mengatakan, kejuaraan balap sepeda TDS 2013 menjadikan jalan promosi bagi Kota Pariaman untuk mengenalkan sejumlah objek wisata serta masakan kuliner khas Pariaman, seperti sala lauak.

"Kita akan menampilkan tabuik serta kesenian tradisional untuk menyambut para pebalap sepeda TDS 2013, juga akan berdayakan usaha-usaha mandiri untuk suvenir dan promosi pariwisata,"kata dia.

Dia menambahkan, usai bertanding para peserta balap sepeda TDS akan diajak ke lokasi penangkaran penyu di Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara yang merupakan salah objek wisata andalan Kota Pariaman.

"Peserta balap sepeda TDS nantinya akan melepaskan penyu ke pantai di Desa Apar, selain berolahraga peserta dapat untuk melestarikan populasi penyu yang terancam punah,"ujar dia.

Mukhilis Rahman berharap seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan ivent internasional balap sepeda TDS tahun 2013. "Marilah bersama kita sukseskan Tds tahun 2013, demi kemajuan pariwisata Kota Pariaman, bagaimanpun juga kejuaraan balap sepeda TDS dapat menggairahkan perekonomian masyarakat,"ujar dia.

Kejuaraan balap sepeda TdS 2013 bakal digelar pada 2-9 Juni 2013, dengan total jarak yang dilombakan meningkat dari 854 kilometer menjadi 1.000 kilometer. Total hadiah yang diperebutkan juga ditingkatkan dari Rp1 miliar tahun lalu menjadi Rp1,2 miliar bagi 25 tim yang berpartisipasi.

Sebanyak tujuh kota dan sembilan kabupaten di Sumbar yang terlibat dalam penyelenggaraan TdS yakni Padang, Pariaman, Padang Panjang, Solok, Bukittinggi, Sawahlunto, Payakumbuhn Solok, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Agam, serta dua kabupaten lain akan melalui proses survei terlebih dahulu.

Penyelenggaraan TdS 2013, pariwisata Sumbar semakin berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan juga memperkokoh Sumbar sebagai destinasi unggulan wisata di Indonesia dan dunia. (*/zon/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Pariaman - Hari ini, jam 06:48 WIB WIB

Walikota Pariaman Sampaikan Nota RAPBD Tahun 2015..


Pariaman - 26/11/2014 05:50 WIB WIB

Hujan Lebat Tiga Pohon di Pariaman Tumbang, Tanpa..