Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 08/12/2012 01:45 WIB

Sepuluh Kecamatan di Padang Lomba Masak Rendang

Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah memasukan bumbu rendang ketika acara lomba

Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah memasukan bumbu rendang ketika acara lomba masakan rendang yang dikuti sepuluh kecematan yang ada di Kota Padang

Padang, (Antara Sumbar) - Sepuluh Kecamatan yang ada di Kota Padang, Sumatera Barat mengikuti lomba masak rendang yang diadakan di lapangan parkir RTH Imam Bonjol, Padang.

"Peserta berasal dari bundo kanduang yang ada di sepuluh kecamatan yang ada di Kota Padang,"kata Wakil Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah, di Padang, Sabtu.

Menurut dia, perlombaan ini diadakan untuk melestarikan nilai-nilai budaya kuliner masakan rendang khas dari kota Padang yang telah terkenal ini.

"Kita mempertahankan khasanah aset kuliner rendang, serta menyukseskan program cinta produk dan kuliner Indonesia dan mewariskan tradisi pada generasi muda,"kata dia.

Masakan Rendang telah menjadi bagian dari kehidupan orang Minangkabau dimana sehari-hari dalam upacara tradisonal yang diharuskan, tambah Mahyeldi Ansyarullah bahkan rendang saat ini dianggap sebagai hidangan lokal di Sumatera dan semenanjung melayu.

Dia mengatakan, dari sekian banyak jenis masakan randang yang dimiliki Minangkabau, Randang Padang merupakan salah satu dari jenis masakan randang tersebut.

"Ranah Minang merupakan daerah yang kaya dengan kuliner dengan berbagai jenis masakan, cita rasa, dengan kemasan yang juga berbeda tentunya,"kata dia.

Menurut dia, pemerintah akan menjadikan lomba masakan rendang sebagai agenda tahunan, dan juga sebagai ikon wisata kuliner kota Padang.

"Festival ini akan dijadikan festival tahunan pemerintah Kota Padang sebagai daya tarik kunjungan wisatawan, dan ini harus dipertahankan,"kata dia.

Rendang Padang mendapatkan tempat yang istimewa dalam pemetaan warisan budaya bangsa. Karena sejarah, nilai- nilai filosofis dan humanis yang terkandung di dalamnya.

"Menjadikan randang Padang sebagai hidangan yang sarat akan nilai budaya intangible, sehingga patut dilestarikan,"kata Mahyeldi Ansyarullah.

Mahyeldi Ansyarullah mengajak seluruh generasi muda mari kita jadikan rendang sebagai peluang usaha dalam peningkatan perekonomian masyarakat Kota Padang kususnya, sehingga dimasa mendatang kegiatan lomba merandang, menjadi kunjungan wisata lokal dan asing. (der)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

KPU Padang Fokus Tahapan Pilpres

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 24/04/2014 10:45 WIB WIB

Empat Panelis Bedah Buku Dirut Semen Indonesia..


Padang - 24/04/2014 09:11 WIB WIB

Penjual BBM Ilegal Divonis 10 Bulan Penjara..