Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Idul Adha 1435H
Berita

Kab. Pesisir Selatan - 29/12/2012 03:52 WIB

Pesisir Selatan Kembangkan Pantai Carocok

Painan, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, kini sedang menyiapkan pengembangan obyek wisata Pantai Carocok Painan sebagai agenda khusus menunjang pembangunan pariwisata daerah itu.

"Pengembangan pembangunan Pantai Carocok Painan sudah merupakan agenda khusus pembangunan kabupaten setempat pada tahun 2013. Semua pembangunan bidang pariwisata akan kita fokuskan ke sana," kata Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit di Painan, Sabtu.

Sedangkan pengembangan pembangunan objek wisata lainnya di kabupaten itu akan dimulai pada tahap berikutnya atau setelah objek wisata Pantai Carocok Painan sebagai ikon pariwisata kabupaten itu.

Menurut ia, untuk menjadikan objek wisata Pantai Carocok Painan sebagai daerah kunjungan wisata dari berbagai penjuru, baik lokal maupun mancanegara masih banyak yang harus dibenahi dan dibangun.

Berbagai sarana dan prasarana yang harus dibenahi dan dibangun itu adalah peningkatan akses jalan menuju lokasi wisata, gajebo, jembatan laut sekitar lokasi dan sarana penunjang lainnya sehingga parawisata merasa nyaman, betah dan ingin kembali berkunjung ke lokasi tersebut.

Objek wisata Pantai Carocok Painan yang terletak di Kecamatan IV Jurai (pusat kabupaten) itu berjarak sekitar 75 kilometer dari kota Padang arah Selatan. Tempat wisata tersebut sudah terkenal banyak orang sejak dahulunya karena kemolekannya.

Pada setiap liburan dan hari-hari besar seperti Lebaran Idul Fitri, tahun baru dan sebagainya, kunjungan wisata khususnya ke Pantai Carocok Painan mencapai puluhan ribu bahkan pada Lebaran Idul Fitri tahun 2012, pengunjung objek wisata itu sekitar 125 ribu orang.

Dengan jumlah kunjungan itu sehingga Pesisir Selatan menempati peringkat dua di Sumatera Barat setelah Bukittinggi dalam tingkat kunjungan wisata.

"Objek wisata di kabupaten ini sangat banyak dan berpotensi dikembangkan, namun pada tahun 2013 kita akan fokus pada pengembangan objek wisata Pantai Carocok Painan, setelah itu baru pada objek wisata lainnya," kata ia.

Objek wisata itu seperti kawasan wisata Mandeh Koto XI Tarusan, Pantai Pasir Putih Kambang di Kecamatan Lengayang, Jembatan Akar (Bayang Utara) dan Bukit Taratak (Sutera) dan sejumlah objek wisata lainnya.

Objek wisata tersebut juga sudah dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang, karena memiliki rona dan corak yang bagus. Semua objek wisata itu sangat berpotensi dikembangkan, namun jumlah pengunjung masih terbatas karena berbagai fasilitas dan sarana prasarana lainnya belum memadai. (*/jun/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - Hari ini, jam 02:58 WIB WIB

Warga Pessel Diimbau Waspadai Banjir..


Kab. Pesisir Selatan - Hari ini, jam 12:28 WIB WIB

Pemkab Pesisir Selatan Imbau Warga Waspadai..