Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Payakumbuh - 15/09/2010 05:50 WIB

DPRD Setujui Kerjasama Payakumbuh - Nantong

Berita lainnya Baca juga

Payakumbuh, (Antara Sumbar)- Kerjasama antara Kota Payakumbuh dan Kota Nantong, China yang meliputi empat bidang kian menunjukkan titik cerah.

Meski sempat mendapat kritikan dalam dengar pendapat dengan DPRD namun akhirnya secaa institusi DPRD Payakumbuh telah menyetujui adanya kerjasama tersebut.

Empat bidang yang kerjasama yang akan dilakukan tersebut masing-masing, pengembangan SDM, Industri-perdagangan, Kebudayaan, serta Bidang Pertanian dan Perkebunan.

Kadisdik Kota Payakumbuh, Edvianus Rabu(15/9) mengatakan, bentuk kerjasama pengembangan SDM tersebut adalah dengan pertukaran pelajar dan "mengimpor" tenaga pengajar bahasa mandarin dari Nantong Ke Payakumbuh.

"Pihak Nantong bersedia mengirimkan tenaga sukarela untuk mengajar bahasa Mandarin di Payakumbuh, dan kita tinggal menyediakan pondokan dan konsumsi saja," kata Edvianus.

Menurut Edvianus, pengetahuan bahasa mandarin sangat penting bagi jalinan kerjasama ke depan. Dengan saling memahami bahasa, transformasi pengetahuan akan menjadi lebih mudah.

Ditambah lagi dengan posisi China sebagai negara yang memiliki kekuatan industri yang sangat besar, tidak saja di Asia, tetapi sudah mendunia.

"Akan banyak keuntungan yang bisa kita peroleh jika jalan kerjasama dengan pihak China bisa terbuka," kata Edvianus optimis.

Dalam waktu dekat, tambahnya, delegasi dari Kota Payakumbuh akan mengunjungi Nantong dalam proses kerjasama ini.

Jalur kerjasama antara dua kota dari dua negara berbeda ini terbuka setelah Yu Meilan, salah seorang petinggi pemerintah daerah Nantong mendatangi Payakumbuh untuk melihat tempat yang pernah ditinggali oleh ayahnya, Yu Da Fu di Payakumbuh. (mko/ril)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Payakumbuh - Hari ini, jam 02:24 WIB WIB

Kapolres Payakumbuh Apresiasi Camat Dukung..


Payakumbuh - 19/11/2014 02:13 WIB WIB

Perekaman KTP Elektronik di Payakumbuh Dihentikan..