Berita harian sumbar terkini update terlengkap

HUT RRI Padang
Berita

Payakumbuh - 11/04/2013 07:22 WIB

PT. KAI Sumbar Tertibkan Aset di Payakumbuh

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - PT. KAI Divre II Sumatera Barat menertibkan asetnya di Kota Payakumbuh dan ditemukan pemilik dan pengembang ruko yang berdiri di atas tanah PT. KAI di bekas stasiun kereta api jalan Soekarno-Hatta tidak membayar uang sewa lahan.

Manager Aset PT. KAI Divre II Sumbar Septa didampingi ketua tim penertiban aset Indra di Payakumbuh, Kamis mengatakan, sebanyak 53 ruko yang berdiri sepanjang bekas stasiun tersebut tidak membayar sewa sejak beberapa bulan berselang.

"Kita sudah melayangkan surat peringatan pada mereka. Bahkan sudah ada yang tiga kali diberi peringatan tetapi tidak digubris. Karena itu kami membuat tim penertiban aset untuk menindaklanjutinya," kata Septa.

Tim penertiban aset itu menandai setiap bangunan pengemplang sewa lahan dengan cat berwarna merah bertuliskan "Tidak Membayar Sewa".

"Kita memberikan waktu tenggang tujuh hari setelah diberi tanda untuk menyelesaikan kewajibannya pada PT. KAI, jika tidak kita akan mempertimbangkan untuk mengambil jalur hukum atau menyegel ruko bersangkutan sampai tunggakan sewa dibayar," kata dia.

Menurut dia, jumlah sewa setiap bangunan di bekas stasiun itu bervariasi tergantung besar tanah. Namun jika ditotal jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah.

"Sewa itu ada yang masih menjadi tanggung jawab pengembang seperti ruko yang masih dalam tahap pengerjaan dan baru berdiri, tetapi ada juga yang telah menjadi tanggung jawab pribadi penyewa," kata Septa.

Selain ruko, PT.KAI juga menandai kantor Kelurahan Parit Rantang dengan cat merah bertuliskan "Tidak Ada Izin atau Bangunan Liar". Menurut Septa hal itu dilakukan karena kantor tersebut memang tidak pernah memiliki perjanjian atau kontrak sewa lahan dengan PT.KAI.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi tidak bisa dihubungi terkait persoalan kantor pemerintahan yang ternyata merupakan bangunan liar itu. Namun, Lurah setempat, Yafrianto Yasir mengakui tidak memiliki dokumen pegangan terkait izin pembangunan kantor Lurah Parit Rantang. (**/mko/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Payakumbuh - 18/09/2014 09:49 WIB WIB

Pemkot Payakumbuh akan Gelar Pemilihan Duta Budaya..


Payakumbuh - 18/09/2014 09:42 WIB WIB

Walikota Sawahlunto Bawa Tiga Cabor ke Payakumbuh..