Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Payakumbuh - 21/08/2013 01:02 WIB

Jumlah TPS Payakumbuh untuk Pemilu 2014 Berkurang

Payakumbuh, Sumbar, (Antara Sumbar) - Tempat Pemungutan Suara(TPS) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat untuk Pemilu Legislatif 2014 berkurang satu TPS dari awalnya 226 menjadi 225 TPS.

Komisioner KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal saat dihubungi, Rabu mengatakan, pengurangan itu terjadi di Kelurahan Labuah Basilang Kecamatan Payakumbuh Barat.

"Pertimbangannya, secara proporsional, jumlah pemilih di kelurahan itu cukup ditampung oleh tiga TPS saja. Karena itu sesuai kesepakatan dan aturan perundang-undangan yang berlaku satu TPS dikurangi," kata Haidi Mursal.

Menurut Haidi, penentuan jumlah TPS dilakukan berdasarkan data mentah(AO) KPU. Berdasarkan data itu, di Kelurahan Labuah Basilang dibutuhkan empat TPS.

Dalam proses pemutakhiran data menjadi DPS jumlah pemilih di kelurahan Labuah Basilang tercatat 1405 pemilih. Namun dalam DPS Hasil Perubahan banyak ditemukan persoalan pemilih ganda, pemilih yang telah meninggal dunia dan sejumlah persoalan lain yang mengakibatkan DPSHP Kelurahan labuah Basilang berkurang dari DPS menjadi 1338 pemilih.

Berdasarkan data itu, pemilih di TPS IV kelurahan tersebut tinggal lebih kurang 200 orang. Padahal sesuai aturan, jumlah maksimal satu TPS adalah di bawah 500 orang.

Dengan menggabungkan 200 pemilih di TPS IV itu ke tiga TPS lain, jumlah maksimal 500 pemilih dalam satu TPS belum terlewati.

"Kita menilai TPS IV tersebut belum diperlukan dan pemilih di TPS itu digabung ke TPS lain. Karena itu, Jumlah TPS di Kelurahan Labuah Basilang pada pemilu Legislatif 2014 menjadi tiga TPS," kata Haidi.(mko)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Payakumbuh - 22/10/2014 06:58 WIB WIB

Kapolres Payakumbuh Dapat Penghargaan Dua Kepala..


Payakumbuh - 21/10/2014 07:36 WIB WIB

Pemkot Payakumbuh Latih Pejabat Pahami Pelayanan..