Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Solok - 19/10/2012 01:22 WIB

SMPN 3 Lembah Gumanti Kekurangan Guru

Arosuka, Sumbar, (Antara Sumbar) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat kekurangan tenaga guru sehingga mengganggu efektifitas proses belajar mengajar di sekolah itu.

"Saat ini kita hanya memiliki 11 orang guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), sementara rombongan belajar (Rombel) sebanyak 12 buah," kata Kepala SMPN 3 Lembah Gumanti Delkhadra di Arosuka, Jumat.

Dia menyatakan, kekurangan guru di sekolah tersebut terjadi semenjak beberapa tahun terkahir ini karena disebabkan meningkatnya jumlah siswa.

"Pada awalnya dulu tenaga guru berjumlah 15 orang, dan hanya memiliki enam rombel, namuan karena perkembangan sekolah siswa bertambah meningkat sementara guru sebagian ada yang pensiun," katanya.

Terkait hal tersebut dia mengharapkan kepada pemerintah setempat agar melakukan pemerataan guru dan menempatkan di sekolah yang berdiri selama 10 tahun tersebut.

Dia menjelaskan, saat ini untuk mengatasi persolan kekurangan guru tersebut pihaknya memanfaatkan tenaga honorer, namun terdapat persoalan untuk membayar honornya.

"Dalam aturan baru dana bantuan operasional siswa (BOS) bisa dimanfaatkan hanya 20 persen untuk guru honorer, ini juga menjadi kendala dalam pembayaran gaji honorer tersebut," katanya.

Sebelumnya bupati Solok Syamsu Rahim menyatakan pihaknya akan melakukan pemerataan guru di daerah itu untuk mengatasi persoalan kekurangan guru di sebagian tempat.

"Sebenarnya jumlah guru di Kabupaten Solok sudah memadai, namun di sebagian daerah terjadi penumpukan guru dan akibatnya di sebagian tempat terjadi kekurangan guru," katanya.

Dia juga telah meminta kepada dinas terkait untuk melakukan pemerataan guru dan ditargetkan nantinya tidak terdapat lagi kekurangan guru di sebagian sekolah.

"Ini juga menjadi prioritas kita terutama untuk upaya meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten Solok," jelasnya. (lif/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok - 15/04/2014 07:05 WIB WIB

Pelaksanaan UN Hari Kedua Berjalan Lancar..


Kab. Solok - 15/04/2014 01:44 WIB WIB

Disdukcapil Tempatkan Petugas Teknis Pada Setiap..