Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Padang Panjang - 27/01/2013 10:15 WIB

Kemdikbud Sosialisasi Kurikulum 2013 di Padangpanjang

Sosialisasi kurikulu 2013 di aula balai Kota Padangpanjang, Sabtu (26/1) malam

Sosialisasi kurikulu 2013 di aula balai Kota Padangpanjang, Sabtu (26/1) malam

Padangpanjang, (Antara Sumbar) - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyosialisasikan kurikulum 2013 kepada ribuan guru di Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Sabtu (26/1) malam.

"Sebelum diterapkan, terlebih dahulu kita akan menyosialisasikan kurikulum 2013 kepada tenaga pengajar yang ada di Indonesia, termasuk di Kota Padangpanjang ini," kata Wakil Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI Musliar Kasim di Padangpanjang, Sabtu (26/1) malam.

Dia mengatakan, kurikulum 2013 merupakan penyederhanaan kurikulum 2004 yang akan diterapkan sekitar 30 persen pada 2013.

"Sebelum diterapkan, kita terlebih dahulu melakukan pelatihan kepada guru yang akan mengajarkan kurikulum tersebut kepada anak didik," katanya.

Dia menjelaskan, kurikulum 2013 sebelumnya juga sudah ada pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) .

Dengan adanya perubahan kurikulum di dunia pendidikan juga akan merubah pola pikir anak dalam menimbah ilmu pengetahuan.

"Kurikulum 2013 ini akan mendidik anak lebih kreatif dan tidak terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif," kata dia.

Dia menyebutkan, kurikulum sebelumnya anak didik sudah seperti tukang pikul yang membawa buku terlalu banyak setiap harinya karena terlalu banyak mata pelajarannya.

"Pada kurikulum 2013 mata pelajaran akan disederhanakan, sehingga murid hanya membawa dua buku dan tidak lagi membawa banyak buku lagi ke sekolah setiap harinya," kata dia.

Kurikulum 2013 kata dia, juga tidak akan membuat guru menjadi sibuk dengan merancang silabus dan pola pembelajaran, sehingga efektivitas pembelajaran lebih maksimal.

Suir Syam mengatakan, kurikulum 2013 akan membantu para peserta didik dalam berkreatifitas dan tidak terfokus pada belajar dan belajar.

"Kurikulum sebelumnya, para peserta didik di sekolah dasar sudah diporsif tenaganya untuk belajar, padahal murid SD tersebut masih butuh bermain," kata dia.

Untuk Kota Padangpanjang kata dia, akan menerapkan kurikulum 2013 tersebut 100 persen untuk pemerataan pembelajaran di setiap sekolah.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Wali Kota Padangpanjang Suri Syam, Wawako Edwin, Muspida Plus, Rektor Universitas Andalas (Unand) Werry Darta Taifur, Rektor Universitas Negeri Padang Yanuar Kiram kepala SKPD dan undangan lainnya. (**/ben/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang Panjang - 18/12/2014 03:05 WIB WIB

Pendapatan Daerah Padang Panjang Naik Rp16,6..


Padang Panjang - 18/12/2014 02:52 WIB WIB

Enam Koperasi di Padang Panjang akan Dibubarkan..