Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 21/02/2013 08:14 WIB

Pembangunan RS Unand Butuh Rp400 Miliar

Padang, (Antara Sumbar) - Pembangunan rumah sakit Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat membutuhkan biaya mencapai Rp400 miliar.

"Dana Rp400 miliar ini akan dialokasikan untuk melakukan pembangunan tahap pertama, yakni gedung utama rumah sakit," kata Rektor Unand Werry Darta Taifur di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan, dana Rp400 miliar ini akan diperoleh dari beberapa bantuan dan investasi dari dalam maupun luar negeri, seperti Bank Pembangunan Islam (IDB), investor dari Arab Saudi, serta pemerintah Indonesia.

Pembangunan rumah sakit akan dimulai pada tahun ini, terutama untuk bangunan gedung utama.

Werry berharap, keseluruhan bangunan beserta sarana dan prasarananya dapat rampung pada 2015 sehingga masyarakat Padang, terutama yang berdomisili di sekitar kampus memiliki alternatif dalam memeriksakan kesehatan.

"Inilah yang merupakan tujuan utama dari pembangunan rumah sakit ini, selain kepentingan studi," ujarnya.

sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Masrul memperkirakan pada pembangunan tahap pertama ini lebih menitikberatkan pada penyiapan bangunan yang dapat menampung lebih 150 set tempat tidur.

"Pembangunan ini akan membutuhkan waktu hingga dua tahun ke depan sebelum penyempurnaan bangunan lainnya," katanya.

Dia berharap dengan adanya bangunan rumah sakit ini proses praktik dan studi bidang kedokteran dapat lebih optimal.

Dan secara umum, kata dia, rumah sakit ini diharapkan dapat menjadi pilihan lain bagi masyarakat untuk melakukan pengobatan disamping klinik kesehatan dan rumah sakit yang telah lebih dahulu berdiri di Padang.

Selain itu, Masrul juga menegaskan bahwa pembangunan rumah sakit Unand tidak ada kaitannya dengan rencana pemindahan Fakultas kedokteran ke kampus Limau Manis.

Dia menyebutkan, masih tertundanya pemindahan Fakultas Kedokteran Unand ke Limau manis, lebih disebabkan belum memadainya ruang perkuliahan.

"Fakultas masih membutuhkan setidaknya dua ruang lagi untuk menggenapi proses belajar mengajar sembilan ratus mahasiswa kedokteran," kata Masrul. (*/den/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - Hari ini, jam 08:07 WIB WIB

SPBU Koto Tangah Kembali Operasi..


Padang - Hari ini, jam 08:05 WIB WIB

UBH Gelar Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia..