Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Pasaman - 26/03/2013 08:25 WIB

Pemkab Tetapkan Pendidikan Gratis 12 Tahun

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat pada awal tahun ajaran 2013/2014 akan menetapkan pendidikan gratis 12 tahun dalam upaya memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Wakil Bupati Pasaman Daniel Lubis di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan, pendidikan gratis menjadi salah satu upaya pemerintah setempat dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan agar tidak ada anak yang putus sekolah.

"Selain melaksanakan bimbingan belajar gratis bagi siswa yang akan menamatkan pendidikan, pada tahun ini pemkab juga mulai memberlakukan pendidikan gratis," ujarnya.

Menurut Wabup, pada tahun ini pemerintah setempat melaksanakan sejumlah program dan kegiatan yang meliputi berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan dan peningkatan perekonomian masyarakat yang mengacu terhadap visi dan misi daerah Pasaman yang maju dan berkeadilan.

Untuk itu, imbuhnya, pemerintah daerah setempat sudah menganggarkan melalui APBD Pasaman agar setiap rencana tersebut dapat dicapai sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Pemerintah Kabupaten Pasaman selalu fokus dan komitmen terhadap pembangunan yang mengutamakan kepentingan masyarakat secara menyeluruh, seperti Program Pembangunan Berbasis Nagari (P2BN) yang merupakan salah satu program yang memberdayakan masyarakat untuk membangun nagari (desa adat) tempat mereka berdomisili.

Disamping itu, juga ada program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Dimana masyarakat Kabupaten Pasaman yang belum memiliki jaminan kesehatan diberikan fasilitas untuk berobat gratis yang dibiayai pemkab.

Dalam peningkatan perekonomian masyarakat, pemkab juga tengah mencanangkan untuk menyelesaikan pembangunan jalan dan jembatan di seluruh 209 jorong (dusun) di daerah itu sehingga hingga 2015 tidak ada lagi yang belum bisa ditempuh roda empat.

"Kita berharap segala program yang dicanangkan ini dapat didukung oleh semua pihak sehingga berjalan sesuai dengan rencana," ujar Wabup. (**/zik/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman - 23/10/2014 09:51 WIB WIB

Angkatan 45: Tumbuhkan Nilai NKRI dengan Lagu..


Kab. Pasaman - 23/10/2014 09:05 WIB WIB

5.470 Lembaga PAUD Terdaftar di Sumbar..