Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 10/03/2013 06:51 WIB

Anggota Parpol Korup Turunkan Kepercayaan Masyarakat

Jakarta, (Antara Sumbar) - Pakar Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri Jakarta Azyumardi Azra menilai perilaku politisi yang korupsi dan tidak menepati janji berdampak signifikan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap partai politik.

"Masyarakat kecewa dengan perilaku elite politik yang korupsi dan sering menyampaikan janji-janji saat kampanye tapi tapi tidak ditepati," kata Azyumardi Azra pada diskusi "Partai Politik Masihkah Bisa Dipercaya?" di Jakarta, Minggu (10/3).

Pembicara lainnya, adalah Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera(PKS) Shohibul Iman dan Peneliti dari Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Marbawi A Katon.

Ia mencontohkan, ada partai politik yang dari hasil survei diketahui perolehan suaranya terus menurun tajam, karena sejumlah kadernya terjerat kasus korupsi.

"Politisi yang terjerat kasus korupsi dan telah telah ditetapkan sebagai tersangka maka citranya akan rusak, dan berdampak negatif pada partai politiknya," katanya.

Menurut dia, perilaku korupsi ini sangat mengecewakan masyarakat, sehingga jika ada politisi dari suatu parpol diketahui melakukan korupsi, masyarakat akan mengalihkan pilihaannya dari polisi tersebut maupun partai politiknya.

Faktor lain yang menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap partai politik, adalah perilaku politisinyabyang menyampaikan janji-janji pada saat kampanye, tapi tidak memenuhi janjinya.

Sementara itu, peneliti dari SMRC, Marbawi A Katon menambahkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik terus menurun.

"Saat ini kepercayaan masyarakat kepada parpol yang tertinggi hanya sekitar 20 persen," katanya.

Marbawi juga menegaskan, masyarakat jauh lebih percaya kepada media massa, terutama televisi, daripada pernyataan-pernyataan para politisi. (*/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 01:27 WIB WIB

Pemerintah Diminta Tidak Terburu-Buru Tetapkan..


Nasional - Hari ini, jam 01:27 WIB WIB

Perguruan Tinggi Indonesia Tak Siap Hadapi MEA..