Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 28/04/2013 05:35 WIB

Pengamat: Jangan Pilih Caleg "Petualang"

Jakarta, (Antara Sumbar) - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Yurist Oloan, mengimbau masyarakat untuk tidak memilih caleg petualang, yaitu anggota DPR yang telah mundur dan kini mencalonkan kembali pada Pemilu 2014.

"Publik harus berani menghukum para anggota DPR yang pernah mundur, yaitu dengan tidak memilih lagi untuk Pemilu 2014," katanya di Jakarta, Minggu.

Yurist Oloan mengatakan para anggota DPR yang pernah mundur juga seharusnya sadar diri untuk tidak mencalonkan lagi, karena tidak dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab hingga periode berakhir.

Secara etika dan moral, mereka yang pernah mundur dari DPR tidak boleh mencalonkan lagi karena telah mengecewakan ratusan ribu warga masyarakat yang telah memilih mereka.

"Ketika anggota dewan itu mundur, ratusan ribu orang kehilangan wakil mereka di (parlemen) Senayan dan aspirasi mereka jadi tidak tersalurkan dengan baik. Maka, ketika anggota dewan sudah tidak mau mewakili masyarakat, maka jangan dipilih lagi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Formappi Sebastian Salang menilai banyaknya anggota DPR yang kembali mencalonkan diri pada Pemilu 2014 menunjukkan ambisi elit parpol untuk berkuasa masih sangat besar.

Formappi mencatat dari 6.576 bakal caleg yang sedang diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), 90,5 persen diantaranya adalah petahana.

Hal itu menunjukkan bahwa kaderisasi yang seharusnya dijalankan oleh parpol tidak berfungsi dengan baik.

"Tidak terlihat proses seleksi terhadap para 'incumbent', sehingga baik yang malas dan rajin serta bermasalah atau tidak, itu tetap dicalonkan lagi," kata Sebastian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, setidaknya ada empat anggota DPR yang telah mundur kembali mencalonkan diri untuk Pemilu 2014. Mereka adalah Edhie Baskoro Yudhoyono (terdaftar di dapil Jawa Timur VII Partai Demokrat), Akbar Faizal (mantan anggota DPR fraksi Partai Hanura yang terdaftar di dapil Sulsel I Partai NasDem), Malkan Amin (mantan anggota DPR fraksi Partai Golkar yang terdaftar di dapil Sulsel I Partai NasDem), serta Mamat Rahayu Abdullah (mantan anggota DPR Partai Golkar yang terdaftar di dapil Banten II Partai NasDem). (*/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - 19/04/2014 09:12 WIB WIB

PSSI Siap Gulirkan Kembali Piala Soeratin..


Nasional - 19/04/2014 09:11 WIB WIB

Pengamat: Tak Ada Jaminan Duet Jokowi-JK Harmonis..