Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Nasional - 14/05/2013 02:44 WIB

PBB Ganti 25 Bakal Caleg untuk DPR-RI

Jakarta, (Antara Sumbar) - Partai Bulan Bintang akan mengganti 25 bakal calon legislatif untuk DPR-RI, karena berbagai alasan sehingga tidak bisa ikut dalam Pemilihan Umum 2014.

"Ada sekitar 25 orang pengganti baru bakal caleg untuk DPR-RI yang dipersiapkan," kata Sekretaris Jenderal PBB, BM Wibowo kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan pencoretan itu disebabkan berbagai hal seperti tidak memenuhi syarat, seperti Susno Duadji dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I. Selain itu, ada bakal caleg yang tidak diperbolehkan institusinya untuk maju dalam pencalegan seperti Inu Kencana dari Dapil Jawa Tengah I.

"Ada juga yang mengundurkan diri dan pindah ke pencalegan untuk DPRD karena sebenarnya ingin 'nyaleg' di daerah, namun berkasnya untuk DPR-RI belum ditarik," ujarnya.

Dia menjelaskan dalam proses perbaikan administrasi bacaleg itu ada caleg yang pundah dapil karena merasa kurang pas dengan daerah yang lalu.

Menurut dia, partai akan mengecek kelengkapan berkas tersebut secara jelas sehingga ketika diserahkan tidak ada persyaratan yang tertinggal.

"Kami targetkan Kamis (16/5) sudah bisa diserahkan ke KPU untuk perbaikan administrasi bacaleg," tuturnya.

Menurut dia, proses perbaikan administrasi bacaleg PBB sudah hampir selesai 100 persen karena ada beberapa hal yang harus dilengkapi. Namun, dia mengatakan proses melengkapi syarat administrasi itu tidak sama antara satu bacaleg dengan bacaleg yang lain, sehingga tidak dapat digeneralisir.

"Dapil Jateng dan Jatim yang belum final 100 persen, kami sedang bekerja untuk melengkapinya," ujarnya.

Wibowo mengatakan proses untuk melengkapi persyaratan legalisir ijazah sekolah cukup sulit dilakukan. Hal itu, menurut dia karena memerlukan proses yang lama dari bacaleg untuk meminta legalisir dari sekolah yang bersangkutan.

Sebelumnya sebanyak 549 bakal calon anggota legislatif tidak menyertakan dokumen administrasi sebagai syarat pencalonan menjadi anggota DPR, demikian hasil verifikasi administrasi bacaleg oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dari 12 parpol peserta Pemilu 2014, tujuh di antaranya menyerahkan bacaleg tanpa dokumen pelengkap, yaitu Partai NasDem (56 nama), PKB (98 nama), Partai Gerindra (26 nama), PAN (26 nama), PPP (93 nama), PBB (68 nama), dan PKPI (182 nama).

Sebanyak 1.327 dari 6.576 bacaleg memenuhi syarat verifikasi administrasi untuk memperebutkan kursi DPR RI. Rincian berkas bacaleg yang memenuhi syarat tersebut adalah Partai NasDem (tujuh orang), PKB (86 orang), PDIP (tiga orang), Partai Golkar (358 orang), Partai Gerindra (89 orang), Partai Demokrat (365 orang), PAN (396 orang), Partai Hanura (delapan orang), dan PBB (15 orang).

Proses verifikasi administrasi bacaleg berlangsung sejak 23 April hingga Senin (6/5).

Masa perbaikan kelengkapan administrasi bacaleg DPR tersebut dilakukan selama 14 hari, mulai Rabu (8/5) hingga 22 Mei. Selama masa perbaikan, parpol masih diperbolehkan menambah, mengurangi, mengubah dapil, dan mengganti nomor urut bacaleg.

Sementara itu, penyusunan dan penetapan DCS akan dilakukan 30 Mei-12 Juni dan akan diumumkan pada 13 Juni. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 03:11 WIB WIB

MA: Kecil Kemungkinan PK Batalkan Hukuman Mati..


Nasional - Hari ini, jam 03:07 WIB WIB

Pemerintah Harus Buktikan Bangun 10 Juta Rumah..