Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Nasional - 05/07/2013 01:18 WIB

PPP Instruksikan Fraksi Segera Susun Ranperda Miras


Jakarta, (Antara Sumbar) - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menginstruksikan seluruh fraksi di DPRD kabupaten dan kota untuk segera menyusun rancangan peraturan daerah (perda) tentang peredaran minuman keras (miras).

Instruksi itu akan diterbitkan sebab miras adalah sumber kerusakan moral bangsa, kata Romahurmuziy di Jakarta, Jumat.

PPP menyambut baik Putusan MA yang mengabulkan gugatan Front Pembela Islam (FPI) yang memohon uji materi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 1997 tentang Miras.

"Kami menyambut baik Putusan MA yang mengabulkan gugatan FPI, sehingga semua daerah di NKRI berhak melarang peredaran miras melalui perda," tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa kemenangan FPI dalam gugatanya ke MA merupakan kemenangan awal formal terhadap gerakan moral melawan miras.

Kemenangan itu sejalan dengan dengan perjuangan PPP untuk menghapus miras dari Nusantara sehingga pelarangannya melalui perda menjadi sangat diperlukan, katanya.

Kamis (4/7), MA mengabulkan gugatan uji materi Keppres Nomor 3/1997 tentang Minuman Keras.

"Menyatakan Keppres RI Nomor 3 Tahun 1997 tidak berlaku karena dasar hukum pembentukan telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur saat mengutip putusan itu di Jakarta, Kamis.

Dalam putusan tersebut juga dinyatakan bahwa Keppres itu tidak berlaku lagi karena pertimbangan pembentukannya secara nyata tidak dapat menyelenggarakan ketenteraman dan ketertiban kehidupan masyarakat Indonesia.

"Menyatakan Keppres bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, UU No 36 Th 2009, UU No8 Th 1999, UU No 7 Tahun 1996," kata Ridwan.

Ridwan mengaku belum mengetahui secara rinci mekanisme penerapan baru terhadap miras pascapembatalan Keppres tersebut.

Dia menegaskan bahwa setiap keputusan MA harus diterapkan demi kepastian hukum karena bersifat final dan mengikat. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 06:32 WIB WIB

Regita Incar Medali di Kejuaraan Internasional..


Nasional - Hari ini, jam 06:31 WIB WIB

Buruh Kecewa Tak Ditemui Menaker Hanif Dhakiri..