Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 23/09/2013 03:15 WIB

KRI Dilibatkan untuk Amankan KTT APEC 2013

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kapal perang (KRI) Banda Aceh-593 disiapkan untuk mendukung kegiatan operasi pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economy Cooperation (APEC) 2013 di Bali, pada Oktober 2013.

Kepala Dispen Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut Letkol Laut (KH) Heddy Sakti di Jakarta, Senin, mengatakan setelah selesai mendukung Sail Komodo 2013 melalui Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara (Bhakesra), KRI Banda Aceh akan diperbantukan untuk pengamanan KTT APEC 2013.

KRI Banda Aceh-593 yang merupakan kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) itu telah tiba di Benoa, Bali pada Sabtu (19/9) dengan mengangkut sebanyak 18 unit kendaraan tempur (Ranpur) milik Kopassus dan masing-masing dua unit jeep dan sea rider Kopaska.

Selain mengangkut kendaraan tempur dalam rangka persiapan operasi pengamanan KTT APEC di Bali, lanjut Heddy, KRI Banda aceh yang merupakan kapal binaan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) ini juga membawa sebanyak 1.760 pohon guna mendukung salah satu rangkaian kegiatan KTT APEC di Bali.

KRI Banda Aceh-593 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Yana Hardiyana, rencananya sebelum kembali ke Jakarta akan singgah di Surabaya guna mengangkut beberapa kendaraan tempur Marinir dalam rangka mendukung kegiatan upacara HUT TNI yang dilaksanakan di Jakarta.

Selanjutnya KRI Banda Aceh-593 akan kembali mengangkut pasukan pengamanan VVIP menuju Bali dan akan berada di Bali guna mendukung selama kegiatan KTT APEC 2013 berlangsung.

Pengamanan Perbatasan
Kolinlamil juga mengerahkan KRI Banjarmasin-592 untuk menurunkan pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) 126 Kodam/I Bukit Barisan dan Yonif 642 Kodam/XII Tanjung Pura yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini menggantikan pasukan Kostrad Yonif 412 Purworejo dan Yonif 321 Majalengka.

Setelah menurunkan pasukan itu, KRI Banjarmasin juga tengah bersiap untuk menarik pasukan (pull-out) pengamanan perbatasan RI┬┐Papua Nugini yang telah bertugas selama enam bulan menjaga daerah perbatasan.

Menurut Komandan KRI Letkol Laut (P) Jalesyamca Jayamahe, KRI Banjarmasin-592 saat ini tengah melaksanakan persiapan embarkasi pasukan Yonif 412/K dan Yonif 321/K beserta material dan perlengkapan yang dipergunakan dalam mendukung tugas operasi.

KRI Banjarmasin-592 yang sehari-harinya berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya ini, akan melaksanakan operasi lintas laut dan singgah di beberapa tempat antara lain di Makasar, Ambon, sebelum akhirnya tiba di Semarang dan Jakarta guna mengembalikan pasukan Satgas Pamtas Papua ini menuju ke kesatuan asalnya. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 06:56 WIB WIB

OJK: Antisipasi Pengetatan Likuiditas 2015..


Nasional - Hari ini, jam 06:55 WIB WIB

Kemlu akan Jemput WNI Korban Agresi Israel..