Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 24/01/2014 07:03 WIB

Empat Caleg Kota/Kabupaten di Sumbar Dicoret


Padang, (Antara Sumbar) - Empat calon legisltaif di kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Barat dicoret dari Daftar Pemilihan Tetap (DPT) Pemilu 2014, tiga di antaranya karena meninggal dunia.

"Caleg yang dicoret itu berada di daerah Pemilihan (Dapil) V, dapil II, dapil I Padangpanjang, serta caleg di dapil III Kabupaten Pasaman," kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, di Padang, Kamis.

Menurut dia, KPU melakukan pencoreta nama caleg dari DCT Pemilu 2014 disebabkan tiga caleg meninggal dunia, yakni Asranita, caleg Partai Demokrat dapil V, Delmawati (PDI Perjuangan, dapil II), Syamsir A (Partai Golkar, dapiil I Padangpanjang), serta caleg PKS atas nama Hardianto, dari daerah Pemilihan (Dapil) III nomor urut 2 Kabupaten Pasaman.

"Pencoretan caleg PKS dari DCT tersebut berdasarkan surat rekomendasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), di mana atas nama Hardianto masih aktif sebagai Kepala Jorong.

Rekomendasi Panwaslu tersebut menyatakan, caleg PKS tersebut tidak memenuhi persyarat untuk masuk dalam DCT. "KPU berani mengeluarkan mencoret caleg tersebut setelah keluarnya rekomendasi dari Panwaslu," kata Amnasmen.

Dia mengatakan, pencoretan nama caleg dari DCT Pemilu 2014 tidak ada dilakukan pergantian, untuk surat suara Pemilu 2014 harus dikosongkan dari nama Hardianto sebagai caleg PKS.

"Sekarang KPU Pusat sedang melakukan proses pencetakan surat suara, jadi tidak ada penggantian nama caleg lagi," kata dia.

Menurut dia, pencoretan tersebut mengakibatkan berkurangnya nama caleg yang sudah masuk dalam DCT Pemilu 2014.

"KPU sebelumnya menetapkan 755 orang caleg masuk DCT Pemilu 2014, namun menjadi 751 orang," katanya. (*)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 05:23 WIB WIB

Polda Sumbar Prioritas Pengamanan di Gedung KPU..


Provinsi - Hari ini, jam 03:33 WIB WIB

Pelantikan DPRD Sumbar Tunggu SK Mendagri..