Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Lima Puluh Kota - 21/03/2014 12:14 WIB

KPU Minta PPK Sosialisasikan Teknis Pencoblosan


Sarilamak, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara agar menyosialisasikan teknis pencoplosan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Komisioner KPU Limapuluh Kota Bidang Sosialisasi Ilham Yusarsi, Jumat, mengatakan simulasi yang dilakukan bukan sekadar saremoni, tetapi merupakan bagian dari Bimbingan Teknis bagi PPK dan sekretariat PPK se-Kabupaten Limapuluh Kota.

"Nantinya secara bertingkat PPK akan melakukan Bimtek dan Simulasi yang sama kepada PPS." ujar Ilham.

Ia menambahkan, tata cara pemungutan dan perhitungan suara pada Pileg 9 April nanti, tidak hanya harus diketahui oleh masyarakat pemilih. Tetapi penyelenggara harus lebih dahulu memahaminya.

Ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aljannata, mengatakan pada simulasi tersebut KPU juga memperlihatkan skenario bagaimana surat suara sah dan tidak sah setelah dicoblos.

Selain itu juga silakukan simulasi bagi penyandang cacat.

Ia mengatakan pada Pemilu kali ini, KPU akan memfasilitasi semua warga yang mempunyai hak pilih. Apabila yang bersangkutan tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka bisa dimasukkan pada Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Jika ada warga yang pada 9 April tidak dapat memilih di tempat terdaftar di DPT dapat mengajukan pindah memilih yang dimasukkan dalam DPTB dengan syarat dan ketentuan berlaku.

"Jika masih tidak terdafatar di DPT, DPK atau DPTB, pemilih masih dapat memilih dengan memperlihatkan KTP setempat,"kata dia. (**/mko)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Lima Puluh Kota - 15/10/2014 08:34 WIB WIB

Bupati: Pembangunan dan Pelayanan Publik harus..


Kab. Lima Puluh Kota - 06/10/2014 07:28 WIB WIB

Dua Jorong Kenagarian Kubang Korbankan 100 Ekor..