Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Provinsi - 26/07/2011 09:49 WIB

Anggaran Pengembangan Pelabuhan Teluk Bayur Rp600 Miliar

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk pengembangan pelabuhan laut Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat senilai Rp600 miliar yang bersumber dari APBN 2011.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa, menyampaikan tahap pertama anggaran pengembangan pelabuhan Teluk Bayur telah dianggarkan pemerintah dan tahun depan diperkirakan Rp600 miliar lagi.

Pemprov Sumbar telah menandatangi nota komitmen dengan PT. Pelindo II dalam upaya pengembangan pelabuhan Teluk Bayur Padang.

Menurut gubernur, pengembangan pelabuhan laut Teluk Bayur Padang, guna mempercepat proses bongkar muat kapal pengangkut barang melalui jalur laut.

Terkait selama ini, kapal-kapal yang bongkar muat dengan jumlah sampai 20-an yang harus antrean menunggu giliran, sehingga memakan waktu lama.

Justru itu, melalui pengembangan pelabuhan Teluk Bayur Padang, ke depan kendala waktu yang banyak terpakai selama ini dapat teratasi.

"Pemprov Sumbar berharap untuk penambahan anggaran tahun depan, dibutuhkan dukungan dan dorongan DPR RI," kata gubernur pada pertemuan dengan anggota Komisi VI DPR awal pekan ini.

Pengembangan Pelabuhan Teluk Bayur Padang, disesuaikan dengan "Master Plan" yang telah ditetapkan pada 2005, dan kebutuhan pertumbuhan bongar muat pelabuhan.

Kapasitas pelabuhan Teluk Bayur mencapai 15 juta ton per tahun, tapi saat ini kepasitas terpakai baru mencapai 8-9 juta ton/tahun, baik untuk dermaga umum maupun dermaga khusus.

Jadi, realisasi pengembangan pelabuhan Teluk Bayur dilakukan untuk pelayanan minyak mentah kepala sawit (CPO) yang terus meningkat, maka dibangun dermaga khusus CPO sepanjang 220 meter.

Dermaga tersebut, telah dioperasikan pada pertengahan 2009, dimana sebelumya kapal-kapal CPO bersandar di dermaga umum.

Selanjutnya, kata gubernur, pada 2011 akan dilakukan pembangunan dermaga khusus batu bara sepanjang 300 meter, sehingga dermaga 1-4 dapat digunakan untuk kegiatan bongkar muat cargo lainnya. (*/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 07:13 WIB WIB

Sumbar Tetapkan UMP Sebesar Rp1,615 Juta..


Provinsi - 30/10/2014 03:50 WIB WIB

Pemprov Sumbar Fokuskan Bansos Dalam APBD 2015..