Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Provinsi - 01/08/2012 05:56 WIB

Wagub Sumbar Safari Ramadhan ke Perkampungan Terpencil

Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim didampingi tokoh masyarakat dan Kabiro Humasprov

Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim didampingi tokoh masyarakat dan Kabiro Humasprov Irwan (kanan) tengah menempuh jalan tanah menunju Perkampungan Paraman, Selasa malam, saat Safari Ramadhan 1433 hijriah.

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim saat memimpin tim safari Ramadhan provinsi, terpaksa membonceng dengan sepeda motor menuju masjid Baiturrahman, Jorong Paraman, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, karena perkampungan itu terpencil.

Jalan masuk ke perkampungan tempat kegiatan safari Ramadhan belum dilewati kendaraan roda empat, sehingga rombongan harus menggunakan jasa ojek dan sebagian berjalan kaki, di Palembayan, Kabupaten, Agam, Selasa malam.

Kendaraan dinas rombongan terpaksa diparkirkan sekitar 2,5 kilometer dari lokasi perkampungan itu, Wagub didampingi sejumlah pejabat teras provinsi menaiki sepeda motor dan separoh jalan harus jalan kaki.

Namun, kendaraan yang tersedia hanya enam unit untuk melayani rombongan, makanya sebagian tim safari Ramadhan berjalan kaki pergi dan pulang sejauh sekitar 1,5 km.

Dalam waktu perjalanan pulang sekitar pukul 23.25 Wib, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Yosmeri sempat pingsang karena kondisi fisik kelelahan.

Perkampungan berjarak 78 km dari ibukota Kabupaten Agam, berada dilembah yang dikelilingi bukit-bukit yang berbatu. Penduduknya sekitar 800 jiwa dengan mengandalkan sebagian jenis genset dan akses transportasi masih jalan tanah.

Wagub mengingatkan, agar masyarakat serta pemerintah daerah dapat lebih arif dan bijaksana menjaga kelestarian ekosistem kawasan itu.

Sebab, jika terjadinya pembangunan yang tidak sesuai dengan aturan atau ada aksi pembalakan liar yang dibiarkan saja, dampaknya akan dirasakan masyarakat pada kemudian hari.

"Saya mengajak semua elemen masyarakat supaya dapat saling bahu-membahu untuk menjaga kelesatarian alam daerah kita, karena sangat banyak potensi yang dapat kita kembangkan dari daerah di Kabupaten Agam," katanya.

Dalam kesempatan itu, disampaikan mantan bupati Padang Pariaman dua periode itu, safari Ramadhan di antaranya sebagai ajang silaturrahim antara pemerintah provinsi dan Pemkab Agam dengan masyarakat, serta penjaringan aspirasi.

Dengan niat dan tujuan yang tulus sehingga segala kendala dan rintangan dapat diatasi dan bahkan tak dirasakan.

"Kunjungan safari Ramadhan bukan hanya bersifat seremonial belaka. Yang digambarkan kepada kunjungan ke daerah atau masjid yang bagus dan megah," ujarnya.

Namun, kunjungan tim safari Ramadhan ke wilayah yang benar-benar perlu mendapatkan perhatian seperti Masjid Baiturrahman, Jorong Paraman, Agam.

Akses ruas jalannya, tambahnya, belum layak dan tak efesien jika diandalkan masyarakat sebagai sarana transportasi pengangkut hasil pertanian dan perkebunannya.

Ke depan, Wagub meminta pemerintah kabupaten setempat dapat mengakomodir permintaan masyarakat di jorong Paraman, agar pembangunan jalan yang layak dapat terwujudkan.

Pemprov juga akan berupaya mendorong agar terlaksananya Program Nasional Pemberdarayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) untuk pembangunan jalan sepajang 2,5 km dan diharapkan dapat terlaksana tahun ini.

Pemerataan pembangunan di setiap kabupaten dan kota perlu dilakukan, karena fungsi pemerintah sebagai fasilitator untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, tambahnya.

Ikut dalam kunjungan tim safari Ramadhan itu, Staf Ahli Gubernur Rosman Efendi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Yosmeri, Kepala Biro Humas, Irwan, Sekdakab Agam, Camat Palembayan.(sa)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 07:17 WIB WIB

Azhar Latif Kembali Bebas..


Provinsi - Hari ini, jam 01:54 WIB WIB

Ery Mefri: Karya Berkualitas Tidak Bisa Instan..