Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 13/02/2013 04:35 WIB

14 Kota/Kabupaten di Sumbar Rawan Gempa

Ilustrasi dampak gempa. (Antara)

Ilustrasi dampak gempa. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Peneliti dari Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Bung Hatta Padang Haryani ST, MT mengatakan bahwa 14 dari 19 kota/kabupaten di Sumatera Barat rawan gempa.

Untuk itu, Sumatera Barat agar memiliki rencana tata ruang yang mengedepankan ramah bencana, karena daerah rawan gempa di Sumbar terdiri dari lima kota dan sembilan kabupaten, kata haryani di Padang, Rabu.

Menurutnya, lima kota rawan gempa itu, yakni Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, Pariaman dan Solok.

Sedangkan sembilan kabupaten rawan gempa di Sumbar yakni, Tanah Datar, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Padang Pariaman, Solok, Solok Selatan dan Kepulauan Mentawai.

Menurut dia, wilayah-wilayah kota dan kabupaten yang diidentifikasi memiliki kerawanan terhadap bencana alam perlu mendapat perhatian dari semua pihak.

Bencana alam, seperti gempa bumi merupakan bencana alam yang sering melanda Sumbar, terkait posisi geografis propinsi ini langsung dengan Samudera Hindia dan wilayahnya terdiri dari tatanan dan proses geologi yang terletak di tiga lempeng bumi yaitu Indo-Australia, Eurasia dan Pasifik.

Posisi geografis Sumbar itu cukup merisaukan terutama terkait wilayah-wilayah yang sudah terbangun dan berkembang dengan kepadatan penduduk cukup tinggi seperti kota-kota pesisir.

Karena itu, kata Haryani, dalam memberikan rasa aman bagi penduduk di kota dan pesisir pesisir salah satu yang perlu dilakukan adalah melakukan penataan ruang yang ramah terhadap bencana. (*/hen/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 07:52 WIB WIB

Terdakwa Dugaan Korupsi Sapi Dituntut Lima Tahun..


Provinsi - Hari ini, jam 05:00 WIB WIB

Kemenlu-UBH Gelar Seminar Nasional Hukum Laut..