Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 06/03/2013 03:41 WIB

Sumbar Laksanakan Program Pengembangan Industri UMKMK

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali melaksanakan program revitalisasi dan pengembangan industri usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK) pada tahun 2013 melanjutkan program yang sama dengan tahun sebelumnya.

Program dilaksanakan melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Dinas Perindustrian dan Perdagangan itu mendapat alokasi dana pembiayaan sebesar Rp1,41 miliar, kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Rabu.

Alokasi dana itu bersumber dari APBD Sumbar 2013 pada pos anggaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan selaku SKPD pelaksana program dan kegiatan tersebut.

Pengembangan dan revitalisasi industri UMKMK telah menjadi satu dari tujuh tujuan pembangunan sektor industri di Sumbar dalam pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2011-2015.

Sasaran-sasaran tersebut meliputi pertama, menjaga ketersediaan bahan baku dengan menyediakan jaminan risiko dan kredit bagi usaha pertanian untuk pengembangan industri pengolahan produk-produk pertanian.

Kedua, meningkatkan nilai tambah dan nilai daya saing produksi industri olahan melalui pemanfaatan teknologi tepat guna dan menganekaragaman hasil produksinua.

Lalu penumbuhan dan peningkatan aglomerasi industri olahan dan meningkatkan kemampuan kewirausahaan serta sumber daya manusia pelaku usaha dan aparatur, katanya.

Sasaran ke tiga, meningkatkan jumlah pelaku usaha industri mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari 35.452 unit pada akhir 2010 menjadi 36.515 unit pada akhir 2015.

Lalu ke empat, meningkatkan serapan tenaga kerja pada sektor industri UMKM dari sebelumnya 132.428 orang pada hingga akhir 2010 menjadi 139.049 orang di akhir 2015.

Selanjutnya sasaran ke lima, meningkatkan nilai produksi produk-produk dihasilkan sektor industri Sumbar dari sebelumnya Rp2,565 triliun di 2010 menjadi Rp2,744 triliun pada akhir 2015.

Berikutnya sasaran ke enam, meningkatkan nilai ekspor hasil industri pengolahan Sumbar sebesar 15 persen hingga akhir 2015, kata gubernur.

Sedangkan sasaran ke tujuh, semakin meningkatnya kontribusi sektor industri pengolahan dalam membentuk nilai produc domestik regional bruto (PDRB) Sumbar dari 12,54 persen pada akhir 2010 menjadi 12,69 persen di 2015, tambahnya. (*/hen/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

KPU Padang Fokus Tahapan Pilpres

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 11:43 WIB WIB

KPU Rekapitulasi Perolehan Suara Sembilan..


Provinsi - Hari ini, jam 06:14 WIB WIB

Rekap Penghitungan Suara Diwarnai Aksi Protes..