Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 08/03/2013 01:34 WIB

Sumbar Kembangkan Program SDM Pariwisata

Irwan Prayitno

Irwan Prayitno

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada tahun anggaran 2013 mengalokasikan dana sebesar Rp750 juta untuk membiayai pelaksanakaan progra pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata.

Dana bersumber dari APBD Sumbar 2013 tersebut disediakan untuk membiayai pelaksanaan empat kegiatan dalam program ini, kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Jumat.

Program dan kegiatan-kegiatan itu dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Pemprov Sumbar dalam pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2011-2015 di bidang pariwisata telah merencanakan sejumlah program untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM pelaku dunia usaha wisata di daerah tersebut.

Dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme ini selain dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, juga melibatkan Bagian Bina Sosial dan Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Permukiman Sumbar, katanya.

Dalam lima tahun pelaksanaan kegiatan tersebut ditargetkan dapat ditingkatkan kompetensi dan profesionalisme bagi 875 orang pelaku dunia usaha wisata di Sumbar.

Untuk tahun 2013 sebanyak 185 orang pelaku dunia usaha wisata ditargetkan dapat ditingkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM, lalu di 2014 untuk 220 orang pelaku dunia usaha wisata dan di 2015 untuk 220 orang.

Sumbar telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai daerah tujuan wisata utama nasional di wilayah Barat Pulau Sumatera. Daerah ini memiliki banyak objek wisata andalan didukungan keberagaman seni budaya dan makanan khas daerah.

Objek wisata andalan daerah ini antara lain, kota wisata Bukittinggi, Kota Budaya Batusangkar, wisata Bahari Kepulauan Mentawai, wisata sejarah Padang "Kota Tua", wisata Sawahlunto kota sejarah tambang batubara.

Kemudian, wisata Pantai Padang, Pariaman dan Painan Pesisir Selatan, wisata religius Makam Syech Burhanuddin, wisata alam seperti, Danau Maninjau, Singkarak, Di Atas dan Danau Di Bawah, Lembah Harau dan Lembah Anai.

Sumbar juga memiliki dua taman nasional, yakni Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan Taman Nasional Siberut (TNS) Pulau Siberut, Mentawai. Sumbar juga dikenal sebagai daerah wisata kuliner dengan makanan paling terkenal Rendang dan kerupuk Balado. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 31/07/2014 08:25 WIB WIB

Pemandangan Jembatan Layang Kelok Sembilan..


Provinsi - 31/07/2014 08:06 WIB WIB

4.000 Karcis Wisata Harau Terjual..