Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 11/03/2013 08:29 WIB

Ujian Tertulis Komisioner KPUD Dilakukan Serentak

Padang, (Antara Sumbar) - Tahapan seleksi ujian tertulis bagi calon anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) tingkat provinsi dilaksanakan secara serentak di 18 provinsi, termasuk di Sumatera Barat.

Ujian serentak akan dilaksanakan serentak pada Kamis (14/3) di 18 provinsi dan diikuti para calon yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi, kata Komisioner KPU-RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah dalam siaran Pers diterima di Padang, Senin.

Setelah seleksi tertulis, dilanjutkan tes kesehatan dan psikologi melalui proses wawancara, dan diskusi kelompok terarah.

Hasil tiga jenis tes itu akan diakumulasikan untuk menentukan peserta yang lulus dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya. KPU akan memperketat pelaksanaan tes sehingga anggota KPUD terpilih memiliki kapabel, kredibel dan berintegritas, katanya.

Materi yang diuji dalam seleksi ujian tertulis adalah, sistem politik, kepemiluan dan perundang-undangan di bidang politik. sedangkan tes kesehatan mencakup kesehatan jasmani, rohani dan bebas narkoba.

Lalu tes psikotes dilakukan untuk mengukur inteligensia, sikap kerja dan kepribadian setiap calon, tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi Anggota KPUD Sumbar, Prof Dr Yuliandri, SH, MH menjelaskan, seleksi ujian tertulis untuk calon komisioner KPUD Sumbar akan diikuti 55 orang yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi diikuti oleh 104 calon.

Seleksi tertulis dilaksanakan di Auditorium Universitas Eka Sakti Padang dan diikuti 55 calon anggota KPUD Sumbar terdiri dari calon laki-laki 50 orang dan lima orang perempuan, tambahnya.

Tim seleksi calon anggota KPUD Sumbar membuka pendaftaran untuk calon anggota KPU Sumbar periode 2013-2018 mulai 25 Februari hingga 6 Maret 2012 dan hasil seleksi administrasi diumumkan pada Minggu (10/3), dengan surat Nomor 2/Pengumuman/Tim-Sel/KPU-SB/III/2013.

Ia merinci, jadwal dan tahapan yang akan dilakukan dalam penerimaan calon anggota KPU ini meliputi, waktu penerimaan dokumen pendaftaran dimulai 25 Februari sampai 06 Maret 2013.

Lalu, seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur, dengan tahapan dan jadwal sebagai berikut, seleksi Administrasi dilaksanakan pada 7 hingga 9 Maret 2013 dan pengumuman hasilnya pada 11 hingga Maret 2013.

Kemudian, seleksi tertulis dilaksanakan 14 Maret 2013, tes kesehatan pada 15 hingga 19 Maret 2013 dan tes psikologi pada 20 hingga 29 Maret 2013.

Sedangkan pengumuman hasil seleksi tertulis, tes kesehatan, tes psikologi dan untuk meminta tanggapan masyarakat dilaksankan 2 hingga 6 April 2013.

Selanjutnya, seleksi wawancara dilaksanakan pada 7 hingga 9 April 2013 dan pengumuman hasilnya pada 12 April 2013, katanya.

Ia menegaskan, pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya serta apabila terjadi perubahan jadwal akan diberitahukan lebih lanjut oleh TimSel calon anggota KPU Sumbar, tambahnya. (*/hen/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 18/04/2014 02:47 WIB WIB

Ombudsman Investigasi Pengaduan Terkait SK..


Provinsi - 16/04/2014 04:53 WIB WIB

PSP Calonkan Diri sebagai Tuan Rumah Divisi Satu..