Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 26/03/2013 07:55 WIB

Kadin: Jadi Pengusaha Tidak harus Pintar

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar Asnawi Bahar mengemukakan untuk menjadi pengusaha, seseorang tidak harus memiliki kemampuan akademis yang baik, karena syarat utama adalah keberanian serta kegigihan dalam berusaha.

Hampir sebagian besar pengusaha pada umumnya tidak memiliki kemampuan akademis yang baik karena biasanya mahasiswa yang pintar akan mudah mendapatkan pekerjaan, katanya di Padang, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu sebagai pembicara pada pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa pascasarjana yang digelar Universitas Andalas bekerja sama dengan Bakrie Center Foundation di Kampus Limau Manis.

Sementara, mahasiswa yang kemampuan akademisnya biasa saja karena sulit mendapat kerja akhirnya nekat membuka usaha.

"Pada akhirnya tidak sedikit di antara mereka yang sukses mengelola usaha yang dirintis," katanya.

Bahkan, ada dijumpai mahasiswa yang tidak berhasil menyelesaikan kuliah, namun berhasil sukses sebagaimana pendiri jejaring sosial Facebook Mark Zuckerberg.

Selain itu, untuk menjadi pengusaha hal utama yang harus dimiliki adalah keberanian dalam menentukan sikap memilih dan menekuni dunia usaha.

Dalam mengembangkan usaha tidak ada teorinya dan hanya dapat dilakukan melalui usaha itu sendiri, kata dia.

Banyak pengusaha yang merintis usahanya dari nol dan ketika mencapai sukses akan terasa manis perjuangan yang telah dilalui, kata dia.

Pada bagian lain ia menyebutkan, berdasarkan survei hampir 98 persen lulusan perguruan tinggi memilih menjadi pegawai negeri sipil.

Padahal saat ini jumlah pengusaha di Tanah Air baru mencapai satu persen di mana idealnya jumlahnya dalam satu negara minimal empat persen, kata dia.

Untuk itu, lulusan perguruan tinggi harus mulai mengubah pola pikir untuk tidak hanya berorientasi menjadi pegawai karena saat ini dibutuhkan kehadiran pengusaha muda baru. (*/wan/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 18/04/2014 02:47 WIB WIB

Ombudsman Investigasi Pengaduan Terkait SK..


Provinsi - 16/04/2014 04:53 WIB WIB

PSP Calonkan Diri sebagai Tuan Rumah Divisi Satu..