Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Provinsi - 06/04/2013 10:41 WIB

Timsel Buka Pendaftaran Komisioner KPU 50 Kota

Padang, (Antara Sumbar) - Tim Seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat, membuka pendaftaran calon komisioner KPU daerah itu periode 2013-2018.

Ketua Timsel pemilihan calon anggota KPU Kabupaten 50 Kota Syaiful Anwar, SE, M.si di Padang, Sabtu, menyebutkan pendaftaran telah diumumkan kepada masyarakat melalui Surat Nomor 01/Pengumuman/TimSel/KPU-Kab.LK/IV/2013.

Dibukanya pendaftaran bagi calon komisioner didasarkan kepada melaksanakan ketentuan pasal 22 ayat (3) huruf a Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu.

Persyaratan bagi para calon anggota komisioner KPU Solok sesuai dengan pasal 11 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

Persyaratan tersebut meliputi, Warga Negara Indonesia yang saat pendaftaran berusia paling rendah 30 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Lalu, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil serta memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu terutama dari bidang ilmu politik/pemerintahan, hukum atau manajemen.

Kemudian, berpendidikan paling rendah rendah SLTA atau sederajat dan berdomisili di wilayah Kabupaten50 Kota yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk.

Syarat lainnya, mampu secara jasmani dan rohani dengan pengecualian cacat tubuh tidak termasuk kategori gangguan kesehatan, yang dibuktikan dengan surat kesehatan dari rumah sakit pemerintah atau puskesmas disertai surat keterangan bebas narkoba.

Selanjutnya, tidak pernah menjadi anggota parpol dan sekurang-kurangnya dalam lima tahun telah mengundurkan diri dari keanggotaan parpol pada saat mendaftar sebagai calon komisioner yang dibuktikan dengan surat keputusan pemberhentian dari pengurus parpol bersangkutan.

Berikutnya, telah mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan BUMN/BUMD pada saat mendaftar menjadi calon, disertai dengan surat pemberhentian yang bersangkutan dari pejabat yang berwenang tanpa kehilangan status sebagai pegawai negeri sipil.

Calon komisioner juga tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

Lalu, bersedia bekerja penuh waktu, tidak bekerja pada profesi lainnya selama masa keanggotaan KPU daerah dan bersedia tidak menduduki jabatan politik di pemerintahan dan BUMN/BUMD selama masa keanggotaan apabila terpilih serta tidak berada dalam satu ikatan perkawinan sesama penyelenggara Pemilu.

Syaiful Anwar menyebutkan, formulir kelengkapan administrasi persyaratan calon komisioner KPU 50 Kota dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di Sekretariat Timsel Calon Anggota KPU daerah ini di Jalan Raya Negara KM 7 Gedung Esco Lantai 2 Tanjung Pati.

Waktu penerimaan dokumen pendaftaran mulai 7 April 2013 dan ditutup 11 April 2013 dari jam 07.30 WIB sampai 16.00 WIB.

Lalu, seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur dan tahap serta dan jadwalnya yakni, seleksi administrasi pada 12 hingga 13 April 2013, seleksi tertulis 18 April 2013, tes kesehatan pada 19 hingga 23 April 2013, tes psikologi 24 April hingga 1 Mei 2013 dan seleksi wawancara 7 hingga 9 Mei 2013. (*/hen/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 02:04 WIB WIB

Dishutbun Sumbar Prioritaskan Program Pencegahan..


Provinsi - 27/11/2014 09:17 WIB WIB

Jaksa Minta Eksepsi Terdakwa Korupsi Retribusi..