Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Provinsi - 08/05/2013 06:48 WIB

Gubernur Sumbar: Peranan Posyandu Perlu Ditingkatkan

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyatakan, peranan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Sumbar perlu ditingkatkan guna mengatasi masalah kesehatan ibu dan anak serta pencapaian target tujuan pembangunan milenium (MDGs).

Irwan Prayinto mengatakan hal itu saat pencanangan Gerakan Peduli Posyandu di lapangan Imam Bonjol Padang, Selasa.

"Peran Posyandu harus terus ditingkatkan karena terbukti mampu menjadi salah satu pusat kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat yang murah dan dekat dengan masyarakat," kata Irwan Prayitno.

Menurut dia, Posyandu juga memegang peranan penting dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama bagi mereka yang tidak mampu.

"Kiprah Posyandu harus semakin ditingkatkan lagi. Termasuk di antaranya dengan pemeriksaan ibu dan bayi sebaik mungkin sehingga bisa memperbaiki mutu kesehatan masyarakat.

Selain sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam upaya preventif, tambah Irwan Prayitno, keberadaan Posyandu juga memberikan kontribusi yang luar biasa dalam pencapaian cakupan imunisasi bagi balita.

"Keberadaan Posyandu sangat mendukung dan mempunyai kontribusi yang besar dalam pencapaian tujuan pembangunan di Sumbar," jelas Irwan Prayitno.

Dia mengatakan, saat ini masyarakat masih belum mengerti dan belum mendapatkan pelayanan kesehatan di Posyandu secara maksimal.

"Kurangnya pelayanan kesehatan tersebut, sehingga anak-anak di kampung-kampung atau desa dengan mudah mendapatkan penyakit akibat tidak mendapatkan imunisasi yang cukup,"ujar dia.

Menurut dia, masyarakat diminta untuk terus membuat Posyandu serta mensosialisasikan pentingnya membawa anak ke Posyandu untuk diberikan imunisasi sehingga terhindari dari berbagai macam penyakit.

"Adanya gerakan peduli Posyandu di tengah-tengah masyarakat masalah kesehatan ibu dan anak dapat diatasi,"ujar dia.

Disamping itu lanjut Irwan Prayitno peran dan kinerja kader Posyandu, KB dan Sub-KB kader posyandu di Sumbar perlu ditingkatkan dalam melayani masalah kesehatan ibu dan anak.

"Para Kader Posyandu, KB dan Sub KB harus selalu semangat dalam menjalankan tugasnya mengingat pentingnya Posyandu di tengah masyarakat,"ungkap Irwan Prayitno.

Sementara itu Ketua Umum Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat Vita Nova Gamawan Fauzi menyatakan, saat ini kader Posyandu di Indonesia dirasakan masih kurang dalam melayani kesehatan ibu dan anak.

"Berdasarkan data sekitar 3 juta kader Posyandu di Indonesia dalam melayani kesehatan ibu dan anak,"kata dia.

Dia menambahkan, Tim Kader Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga terus memberikan pelatihan kader Posyandu untuk meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu.

"Kader Posyandu berperan penting dalam menggerakkan orang tua untuk datang ke Posyandu sehingga tumbuh, aktif dan tanggap (TAT) balita mereka terpantau dengan baik," ujar dia. (*)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 07:21 WIB WIB

Saldi Isra Dikabarkan jadi Menteri Kabinet Jokowi..


Provinsi - Hari ini, jam 07:22 WIB WIB

Gubernur Antisipasi Wacana Kenaikan Harga BBM..