Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Provinsi - 15/05/2013 01:16 WIB

KPU Sumbar Terima Perbaikan Berkas Puluhan Bacaleg DPD-RI


Padang, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menerima perbaikan berkas sebanyak 29 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2014-2019 asal provinsi itu.

"Pengembalian berkas ditutup pada Selasa (14/5) pukul 16.00 WIB, hanya 29 bacaleg DPD RI yang mengembalikan perbaikan berkas ke KPU," kata Ketua KPU Sumatera Barat (Sumbar) Marzul Very di Padang, Rabu.

Menurut dia, bacaleg yang telah mengembalikan berkas perbaikan di antaranya, Davip Maldian, Novi Chandra, Leonardy Harmainy, Alirman Sori dan Andi Harmaini,
"Kemudian Zulkarnain Kamsya, Afrizalty, Khairul Azmi, Jefrie Geovanie, Yong Hendri, Afdal, Syafwan Dt Sempono, Masrul Munaf, Herman Darnel Ibrahim, Irman Gusman, Muhammad Rahmad, Rahmad Hidayat, dan Mizwar Abbas," kata dia.

Dalam bursa pencalonan, sebanyak 31 bacaleg DPD RI asal Provinsi Sumbar yang mendaftarkan, hanya dua bacaleg atas nama Edi Mujahidin dan Hasan Basri Husien tidak menyerahkan berkas ke KPU Sumbar pada Selasa (14/5) hingga pukul 16.00 WIB. "Kedua bacaleg tersebut gagal melanjutkan tahap verifikasi dan tidak bisa maju pada pemilihan anggota DPD-RI 2014-2019," kata Marzul Very.

Dia mengatakan, selama ini KPUD Sumbar telah menyediakan satu ruang khusus untuk konsultasi bagi bacaleg DPD RI yang ingin melengkapi berkas-berkasnya.

"Namun kenyataan, ruang tersebut tidak dimanfaatkan oleh mereka, sehingga banyak yang kesulitan dalam melengkapi kekurangan syarat yang diminta oleh KPU," kata dia.

Menurut dia, KPU Sumbar kembali akan memeriksa berkas 29 orang bacaleg DPD RI, sepanjang memenuhi persyarakatan dinyatakan absah maka akan dilanjutkan ke tahap faktual. Untuk pemeriksaan ulangan sampai 21 Mei 2013.

"Kemudian KPU akan mengumumkan hasil pemeriksaan ulangan pada 22 hingga 23 Mei 2013 akan disampaikan ke bacaleg DPD RI, selanjutnya pada 24 Mei 2013 hingga 6 Juni 2013 dilakukan verifikasi faktual tahap satu," ungkap dia.

Bacaleg DPD RI diberikan kesempatan untuk diperbaiki berkas seandainya dukungan belum mencapai jumlah minimal sebanyak 3.000, KPU memberikan kesempatan untuk segera diperbaiki.

"Jika tahap kedua kurang dari jumlah dukungan minimal maka dinyatakan tidak lagi memenuhi persayaratan sebagai bacaleg DPD-RI," kata Marzul Very. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 09:30 WIB WIB

Pengamat Minta Jaksa Agung Buktikan Kinerja Baik..


Provinsi - 20/11/2014 09:38 WIB WIB

Arkadius: Kenaikan Harga BBM Berdampak Luas..