Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 16/06/2013 07:54 WIB

Komisioner KPU Kabupaten/Kota di Sumbar Dilantik

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 75 orang komisioner KPU di 15 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat untuk masa bakti 2013-2018, dilantik di Pangeran Beach Hotel Padang.

Komisioner KPU yang dilantik yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Mentawai, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten 50 Kota, Kota Solok dan Kota Bukittinggi serta Kota Payakumbuh, kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen di Padang, Minggu.

Menurut dia, para Komisioner KPU di 15 Kabupaten/Kota dilantik dituntut bisa menyelenggarakan pemilihan umum yang jujur dan adil.

"Para komisioner harus benar-benar paham regulasi dan mengerti bagaimana setiap undang-undang atau peraturan KPU disusun," ujar dia.

Anggota komisioner KPU berani menolak intervensi dari siapapun dan dari pihak manapun. "Anggota KPU hanya tunduk dan patuh serta taat kepada kode etik penyelenggaraan Pemilu dan peraturan perundang-undangan," tegas Amnasmen.

Dia mengatakan, KPU bertekad agar pemilu 2014 menjadi pemilu yang paling demokratis terutama pasca reformasi. Salah satu unsur utama menuju tekad tersebut adalah penyelenggara pemilu mampu melaksanakan aturan penyelenggara pemilu yang ada dengan baik dan maksimal.

"Kinerja penyelenggara pemilu, kata dia, menjadi tolak ukur utama bagi terciptanya pemilu yang demokratis. Hanya dengan kinerja yang baik dan profesional, maka pemilu bisa tepat waktu dan efisien," kata dia.

Menurut dia, saat ini, KPu sedang di tengah-tengah pencalonan anggota . Tahapan pencalonan ini termasuk tahapan yang rawan gugatan, tidak hanya dari partai politik peserta pemilu, tapi juga gugatan dari calon anggota dewan.

"Tugas berat kita menatap di depan mata, tak ada waktu berleha-leha ataupun bereuforia. Kalau saudara mampu bekerja keras dan solid, seberapapun berat tugasnya pasti dapat terlampaui," terangnya.

Tiap tahapan penyelenggara pemilu selalu ada dinamikanya. Itu merupakan cerminan kehidupan. "Corak yang muncul diharapkan adalah terlihatnya kinerja yang secara profesional di seluruh tingkat penyelenggara pemilu hingga ke TPS," jelas Amnasmen. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 01/09/2014 07:52 WIB WIB

Terdakwa Dugaan Korupsi Sapi Dituntut Lima Tahun..


Provinsi - 01/09/2014 05:00 WIB WIB

Kemenlu-UBH Gelar Seminar Nasional Hukum Laut..