Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Provinsi - 29/07/2013 07:40 WIB

1.482 Napi di Sumbar Diusulkan Dapatkan Remisi

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Barat menyatakan sebanyak 1.482 narapidana diusulkan mendapatkan remisi pada Lebaran 1434 Hijriah.

Kepala Kantor Kemenkumham Sumbar Sudirman di Padang, Senin, mengatakan, untuk remisi bagi narapidana di provinsi ini, sebanyak 1.482 orang telah diajukan ke pusat untuk mendapat remisi.

"Pemberian remisi merupakan upaya penghargaan kepada HAM, untuk narapidana yang telah berkelakuan baik dan mau memperbaiki diri, dengan remisi ini tentu akan ada pengurangan masa tahanan, namun dari yang diusulkan tersebut belum diketahui berapa yang disetujui, sebab masih menunggu persetujuan Dirjen," Kata Sudirman.

Dia menambahkan, pemberian remisi pada hakekatnya dilakukan agar narapidana dapat sesegera mungkin berintergrasi dalam kehidupan masyarakat secara sehat, sehingga mereka kembali dapat mengemban tanggungjawab sebagai anggota masyarakat.

Berdasarkan data dari Kemenkumham Sumbar, narapidana yang mendapat remisi terkait PP 99 Tahun 2012 Pasal 34 A tentang remisi bagi narapidana narkorba, korupsi, terorisme, dan kejahatan transnasionayang, yang telah memenuhi syarat, yakni berkelakukan baik, telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan,
diusulkan sebanyak 430 orang.

Sedangkan remisi bagi narapidana yang tidak terkait PP 99 Tahun 2012, Kemenkumham Sumbar mengajukan sebanyak 1.052 orang.

"Jumlah tersebut baru merupakan pengajuan kepusat, dan kerena ada persoalan terkait PP 99 Tahun 2012, setelah kasus di Lapas Tanjung Gusta, Medan, sebab itu, kita masih menunggu, berapa jumlah dari usulan tersebut yang disetujui untuk mendapat remisi lebaran ini," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, untuk remisi hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus, untuk tahun ini, kemenkumhan Sumbar juga mengajukan sebanyak 1.503
orang, baik yang terkiat PP 99 Tahun 2012, maupun yang tidak.

"Untuk HUT RI nanti yang diusulkan mendapat remisi terkait PP 99 Tahun 2012 sebanyak 435 orang, dan remisi umum sebanyak 1.064, baik dari narapidana yang berasal dari lapas, rutan, maupun cabang rutan," jelasnya. (*/eko)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 01:43 WIB WIB

Bagir Manan: Industrialisasi Tantangan Kebebasan..


Provinsi - Hari ini, jam 11:49 WIB WIB

Sumbar Tingkatkan Dana Pendidikan 50 Persen..