Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Provinsi - 12/08/2013 07:56 WIB

1.016 Pelamar CPNS IPDN di Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 1.016 orang generasi muda yang berasal dari 19 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat melamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada 2013.

"Peserta akan mengikuti tes psikologi, kejujuran dan integritas mulai pada 26-29 Agustus mendatang di SMK VI Kota Padang oleh tim psikologi dari angkatan darat," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Jayadisman di Padang, Senin.

"Kami sudah melayangkan surat kepada BKD di kabupaten/kota sekaitan dengan jadwal pelaksanaan tes tersebut. Penerimaan pelamar CPNS IPDN berada di kab/kota," imbuhnya.

Dia menyebutkan, pada penerimaan ini BKD hanya sebagai pihak yang memfasilitasi penerimaan dokumen untuk diserahkan ke tim yang ditetapkan dan mencarikan tempat pelaksanaan tesnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan tes CPNS IPDN tahun ini ada perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sebab bahan tes akademiknya dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Jika dilihat pada tahun sebelumnya soal tes akademik dibuat tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), tapi sekarang untuk keseragaman dengan penerimaan CPNS umum maka ditentukan di Kemenpan-RB," katanya.

Dia menyebutkan, peserta yang dinyatakan lulus pada tes akademik (psikologi, kejujuran dan intergritas), baru dapat melanjutkan tes kesehatan di Rumah Sakit Tentara Ganting Padang.

Proses selanjutnya yang lolos tahap tersebut, masuk pada teks kesamaptaan yang akan dilaksanakan di Korem dengan waktu yang ditetapkan setelah beberapa tahapan tersebut.

"Tes pantohir diselenggarakan di Kampus IPDN Jati Nangor. Tes CPNS IPDN sistem gugur pada tahapan tersebut, bagi yang gagal di kesehatan secara otomatis tak dapat melanjutkan ke tes berikutnya," ujarnya.

Dengan sistem tes tersebut, katanya, tak tertutup kemungkinan ada satu kabupaten/kota jumlah yang pesertannya lulus banyak, sebaliknya bisa jadi tak ada sama sekali.

Menyinggung pelaksanaan tes CPNS umum, Jayadisman menyebutkan sesuai arahan Menpan-RB pada 23 September-November 2013, karena direncanakan menggunakan sistem komputerisasi atau KET sehingga waktunya lebih lama.

Terkait panjang waktu tes, katanyam akan tergantung dengan sarana prasarana dipersiapkan, misalnya hanya ada satu komputer dan jumlah pelamar ribuan tentu waktu bisa berhari-hari.

"Kita setuju rencana Menpan-RB menerapkan sistem komputerisasi, supaya lebih efesien, efektif dan tak ada prasangka-prasangka, karena hasilnya sistem teknologi yang menentukan," ujarnya.

Oleh karena itu, tambah dia, pihaknya sudah mengusulkan pergesaran anggaran BKD provinsi di APBD Perubahan guna mendukung sistem tes baru CPNS tersebut.

Kendati demikian, jika belum diterapkan sistem tes koputerisasi tersebut, maka tetap pola lama atau menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) rencana pelaksanaannya di mulai pada 29 September hingga November 2013.

Pemprov Sumbar, kata dia, sudah mengusulkan formasi CPNSD sebanyak 193 orang untuk tenaga guru, kesehatan seperti dokter umum dan tenaga teknis di bidang prasarana jalan, pertambangan, pertanian dan lainnya.

Jadi, sistem penerimaan CPNS tahun ini dari arahan menteri tidak ada lainnya.

Pemerintah akan menerapkan dalam penerimaan CPNS dengan mensyarakatkan Nomor Induk kependudukan (NIK), tujuannya agar tak bisa mendaftar lebih dari satu daerah atau instansi.

"Pelaksanaan tes untuk pegawai honorer kategori dua (K-2) direncanakan sama dengan peserta umum. Tetap sistem gugur," ujarnya.(sir)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 20/11/2014 09:38 WIB WIB

Arkadius: Kenaikan Harga BBM Berdampak Luas..


Provinsi - 20/11/2014 09:23 WIB WIB

Empat Petisi Limamira akan Dikirim ke Pemerintah..