Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 17/08/2013 06:48 WIB

Kemenkumham Sumbar Percepat Pembangunan Rutan di Padang

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat mempercepat pembangunan rumah tahanan (Rutan) di daerah Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

"Kita mempercepat penyelesaian pembangunan rutan di Kota Padang," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat Sudirman D Hury di Padang, Sabtu.

Menurut dia, pembangunan rutan tersebut dimulai awal tahun 2009, tapi anggaran secara bertahap sehingga sampa awal 2013 kondisi fisik bangunan baru 65 persen.

"Dari anggaran tahun 2013 yang diterima Kemenkum HAM Sumbar, bisa melanjutkan pembangunan rutan sehingga biasa akhir 2014 minimal bisa dioperasikan pemakaian," ungkap dia.

Kemenkum HAM Sumbar tahun 2013 mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp9 miliar. Anggaran tersebut untuk pengerjaan dapur, blok tahanan serta lainnya. "Total pembangunan rutan tersebut diperkirakan mencapai sekitar Rp80 miliar," sebut Sudirman D Hury.

Dia mengatakan, rutan yang dibangun di daerah Lubuk Minturu tersebut luasnya sekitar 4 hektare dengan kapasitas 2.000 orang warga binaan.

"Rutan tersebut memiliki beberapa buah kamera tersembunyi (CCTV) untuk memantau semua aktivitas yang ada di dalam,"kata dia.

Menurut dia, dipercepatnya penyelesaian pembangunan rutan tersebut mengingat hampir semua rutan dan Lapas yang ada di Sumbar sudah melebihi kapasitas.

"Berdasarkan data, Sumbar terdapat sembilan Lapas dan lima rutan daya tampung ada sekitar 3.000 orang narapidana," ujar dia.

Kemenkum HAM Sumbar tidak saja membangun rutan di Kota Padang tambah Sudirman D Hury namun juga membangunan lapas di Pasaman, serta Lapas khusus narkoba di daerah Sawahlunto. Bangunan fisik Lapas Narkoba telah mencapai 96 persen.

Pembangunan lapas itu dikerjakan PT Gedung Benkexim Jakarta dalam empat tahapan pembungan. "Tahap pertama dibangun lapas berkapasitas 650 orang tahanan dengan dana Rp1,4 miliar, sedangkan tahap berikutnya melalui APBN 2009-2011 dengan dana sebesar Rp15 miliar.

Dia menambahkan, lapas khusus narkoba yang berada di kawasan Danau Kandi, Sawahlunto dapat menampung sekitar 6500 orang tahanan narkoba.

"Lapas khusus narkoba juga akan dilengkapai pembungan gedung kantor maupun rumah dinas diperkirakan pembgunan selesai sekitar Desembar 2009," kata dia. (*/zon/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

KPU Padang Fokus Tahapan Pilpres

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 06:21 WIB WIB

PKPI Tidak Menyerahkan Laporan Penggunaan Dana..


Provinsi - 24/04/2014 09:31 WIB WIB

Rapat Pleno KPU Sumbar Diwarnai Protes Partai..