Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 24/09/2013 06:01 WIB

BKD Sumbar Tanggapi Ombudsman Soal Rekrutmen CPNS

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Barat siap menanggapi kritik yang disampaikan Ombudsman setempat soal rekrutmen calon pegawai negeri sipil daerah ini yang dinilai diskriminatif.

"Kami memang sudah menerima panggilan dari Ombudsman Sumbar, tapi melihat dari objek panggilannya kurang tepat, sehingga pada 23 September 2013 tim mereka datang ke kantor BKD," kata Kepala BKD Sumbar Jayadisman, di Padang, Senin.

Ombudsman Perwakilan Sumbar menyoroti dan memanggil BKD Sumbar atas adanya pembatasan terhadap peserta tes CPNSD hanya sebanyak 8.000 orang yang dinilai sebagai tindakan diskriminatif.

Jayadisman justru menyayangkan surat yang dilayangkan Ombudsman Sumbar ke BKD itu, mengingat dalam suratnya berdasarkan kepada pemberitaan media massa.

Padahal, katanya lagi, sesuai regulasi yang mengatur tugas dan kewenangan Ombudsman bukan berdasarkan dari pemberitaan media massa, tapi harus ada laporan seseorang atau lembaga yang berbadan hukum.

"Dalam surat itu, panggilan dinyatakan berdasarkan pemberitaan media massa, makanya tidak dipenuhi. Tak tertutup kemungkinan publikasi media ada kekeliruannya," ujarnya pula.

Pembatasan kuota pelamar yang dapat mengikuti ujian masuk bagi calon PNS di Sumbar tersebut, menurut dia, bukan tanpa alasan yang logis dan bukan unsur diskriminasi.

Ia menjelaskan, dalam informasi lowongan penerimaan CPNS provinsi itu memang dituliskan bahwa sesuai dengan ketersediaan anggaran, jumlah pelamar yang akan diikutkan Tes Kompetensi Dasar (TKD) hanya sejumlah 8.000 orang pelamar pertama yang memenuhi syarat administrasi sesuai proporsi formasi.

Pemilihan 8.000 orang pelamar tersebut ditentukan berdasarkan waktu melakukan pendaftaran secara online, yaitu pelamar yang lebih duluan mendaftar dan memenuhi persyaratan administrasi sampai memenuhi jumlah 8.000 orang.

Jadi, apabila jumlah pelamar yang memenuhi syarat telah mencapai 8.000, maka berkas lamaran berikutnya tidak diproses lagi, kata dia.

BKD Sumbar menyebutkan, sebanyak 15.586 orang mendaftar secara online dalam penerimaan CPNS tingkat provinsi untuk mengisi 193 formasi yang tersedia.

"Pelamar yang mendaftar itu, mereka yang baru mengembalikan berkas sebanyak 4.459 orang hingga Senin pagi. Berkas yang telah diperiksa baru 50 persen," katanya pula.

Ia menyatakan, kemungkinan jumlah pelamar yang mengembalikan berkas bisa saja bertambah, mengingat batas terakhir sampai 26 September 2013. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 02/09/2014 09:51 WIB WIB

Provinsi Sumbar Gandeng Swisscontact Berdayakan..


Provinsi - 02/09/2014 09:33 WIB WIB

Kemenkumham Sumbar: Imigrasi Jangan Terpengaruh..