Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Sawahlunto - 21/05/2013 08:33 WIB

Empat Saksi Tolak Tandatangani Rekapitulasi KPU Sawahlunto

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitugan suara dan penetapan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat diwarnai aksi penolakan penandatanganan oleh empat saksi pasangan calon dengan alasan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) mereka nilai ada unsur kecurangan.

Saksi pasangan calon nomor urut 3 Eri-Meldi, Drs. Syafril mengatakan ia mewakili pasangan Eri-Meldi menolak menandatangani hasil rekapitulasi suara KPUD Sawahlunto. Karena pasangan Eri-Meldi merasa dicurangi dalam pelaksanaan pemilihan suara pada 16 Mei 2013.

Ia beralasan pada pemilihan suara ditemukan beberapa pelanggaran, seperti masih adanya pemilih di bawah umur yang dibayar oleh oknum tertentu untuk memilih salah satu pasangan calaon.

"Selain itu adanya intervensi kepada camat dalam penghitungan perolehan suara di Kecamatan Talawi untuk memenangkan salah satu pasangan calon," katanya saat penutupan rapat pleno KPU di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sawahlunto.

Ia menambahkan, juga ada indikasi kecurangan yang dilakukan oleh KPUD Sawahlunto yakni tidak adanya pengawalan dari pihak kepolisian dan Panwaslu dalam pendistribusian logistik atau surat suara dan surat undangan memilih (C6) yang menyebabkan enam ribu surat undangan untuk memilih (C6) rusak.

Tidak hanya itu, kinerja Panwaslu juga mereka nilai kurang optimal, karena selama pelaksanaan Pemilukada banyak ditemukan pelanggaran. Namun, pihak Panwaslu hanya menerima laporan saja tanpa ada tindakan apa pun.

"Untuk itu kami meminta diadakan penghitungan suara ulang atau Pemilukada ulang," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan saksi pasangan calon nomor urut 5 Fauzi Hasan-Deri Asta (FADER), Hamdani Sidimalin mengatakan timnya menolak untuk menandatangani hasil rekapitulasi KPUD sawahlunto.

Ia menilai KPUD Sawahlunto dari awal telah menciderai pelaksanaan Pemilukada, seperti tidak adanya pengawalan aparat kepolisian dan Panwaslu dalam pendistribusian surat suara dan surat undangan memilih (C6) saat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sampai di Kantor KPUD Sawahlunto.

Kemudian, saat pemilihan ditemukan sejumlah pemilih yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya, meskipun telah menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

"Dari fakta itu, kami akan mengajukan gugatan Pemilukada ke Makamah Konstitusi (MK) untuk menolak hasil penghitungan suara KPU Sawahlunto tersebut,"katanya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sawahlunto, Mardhatillah mengatakan, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan pasangan calon terpilih resmi ditutup, dan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Sawahlunto terpilih periode 2013-2018 adalah pasangan calon nomor urut 1 yakni Ali Yusuf- Ismed dengan perolehan 9.570 suara atau 30,02 persen.

Sedangkan bagi saksi pasangan calon yang merasa keberatan atau ingin menggugat dipersilakan untuk mengajukan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan mengisi fomulir pendaftaran.

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara KPU Sawahlunto yang dilaksanakan di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) hari ini, pasangan calon monor urut 1 yakni Alis memperoleh 9.570 suara atau 30,02 persen, pasangan calon No 2 IDE memperoleh 3.791 suara atau 11,89 persen.

Sedangkan pasangan calon no 3 Eri-Meldi memperoleh 9.265 suara atau 29,06 persen, pasangan calon no 4 TUNAS memperoleh 1.094 suara atau 3,43 persen. Kemudian pasangan calon no 5 FADER memperoleh 8.160 suara atau 25,60 persen.

Sementara jumlah suara tidak sah sebanyak 586 suara. Sedangkan total suara sah dan tidak sah sebanyak 32.466 suara. (stn)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Sawahlunto - 07/07/2014 06:26 WIB WIB

Puluhan Mahasiswa di Sawahlunto Aksi Anti Golput..


Sawahlunto - 14/06/2014 10:16 WIB WIB

Pebalap Dihadapkan Tanjakan Tertinggi Tour de..