Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Padang - 23/06/2011 05:17 WIB

SMA 1 "Boarding School" Sumbar Dibuka Juli

Berita lainnya Baca juga

Padang, (Antara Sumbar) - Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Sumatera Barat yang merupakan sekolah pertama berkonsep "boarding school" di Sumbar akan dibuka pada 11 Juli 2011.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sumbar Syamsul Rizal di Padang, Selasa mengatakan, sekolah "boarding school" tersebut berada di Kota Padangpanjang, dan telah merekrut kepala sekolah dan guru serta siswa berprestasi dari kabupaten/kota di Sumbar.

"Proses belajar-mengajar dimulai pada 11 Juli 2011 dan saat ini telah ada satu kepala sekolah dan delapan guru serta 60 siswa untuk dua kelas yang lulus seleksi pada April lalu," katanya.

Meski berada di Padangpanjang, katanya, SMA 1 Sumbar bukan SMA 1 Padangpanjang. SMA 1 Sumbar memiliki bangunan tersendiri yang dilengkapai dengan asrama dan mobiler yang disesuaikan dengan sekolah berstandar internasional.

Ia mengatakan, kepala sekolah dan wakilnya yang lulus seleksi memiliki pendidikan Strata 2 (S2). Sedangkan guru pengajar bidang studi IPA, Bahasa Inggris dan Eksata, diwajibkan menguasai Bahasa Inggris aktif.

Sebanyak 60 siswa yang lulus seleksi juga merupakan siswa terbaik dari SMP dan MTs di kabupaten/kota di Sumbar. Minimal rata-rata rapor mereka 7,5 dan proses seleksi berlangsung ketat.

"Guru dan siswa di sekolah "boarding school" tersebut merupakan guru dan siswa terbaik yang diseleksi berdasarkan kriteria khusus dan kemampuan akademik," katanya.
Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Sumbar Muliardi menyebutkan, sekolah berkonsep "boarding school" tersebut, merupakan sekolah berasrama dimana siswa akan dididik selama 24 jam penuh.

"Siswa akan tinggal di asrama sendiri, sehingga dalam waktu 24 jam mereka akan berada di sekolah dengan konsep pendidikan penuh," katanya.

Ia menjelaskan, siswa tidak hanya diajarkan dengan mata pelajaran umum, namun juga diajarkan dengan mata pelajaran tambahan, seperti pedidikan agama tingkat lanjut, tausiyah, kegiatan ekstra kulikuler dan pendidikan yang berorientasi pada pembangunan karakter bangsa.

Sesuai Undang-undang nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, pemerintah provinsi paling sedikit dibebankan menyelenggarakan atau memfasilitasi satu SMP, satu SMA, dan satu SMK bertaraf internasional, katanya.

"Penyelenggaraan pendidikan di SMA 1 Sumbar itu sepenuhnya di bawah tanggungjawab Pemprov melalui Dinas Pendidikan Sumbar," katanya.

Pembangunan SMA 1 Sumatera Barat tersebut, katanya, diproyeksikan menjadi rujukan dalam pengelolaan SMA lainnya dan sebagai pembinaan lulusan SMP/MTs yang potensial yang ada di Sumbar.

Sekolah SMA 1 Sumbar ditargetkan menjadi sekolah dengan berstandar internasional yang dikelola sepenuhnya atas nama Pemerintah Provinsi. (*)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 23/10/2014 08:51 WIB WIB

Curi Perabot Rumah, Buruh Lepas Disidang..


Padang - 23/10/2014 07:33 WIB WIB

Padang Gulirkan Program Stategis Sesuai Kebutuhan..