latest daily news from padang west sumatra indonesia

Kab. Lima Puluh Kota - 01/01/1970 07:00 WIB

Jembatan Kelok Sembilan Sumbar Didesain Jadi Objek Wisata

Kelok Sembilan

Kelok Sembilan

Berita lainnya Related news

Limapuluh Kota, (ANTARA)- Pembangunan jembatan di Kelok Sembilan, Kabupaten Limapuluh Kota, selain memudahkan transportasi sertamenggiatkan kegiatan ekonomi Sumbar dan Riau juga akan didesain menjadi objek wisata unggulan.

"Jembatan Kelok Sembilan selain sebagai sarana transportasi juga akan didesain menarik sehingga menjadi satu tujuan wisata atau lokasi peristirahatan bagi pengguna jalan," kata Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi, di Padang.

Proses pembangunan jembatan Kelok Sembilan berlokasi di Kabupaten Limapuluh Kota, itu baru selesai ditandatangani kontrak tahun jamaknya dengan nilai Rp162,5 miliar, dengan panjang jembatan 492 meter, lebar 13,5 meter serta jalan penghubung 700 meter.

Penandatangan kontrak tersebut bersamaan dengan dua proyek besar lainnya yakni Fly Over Duku berlokasi di Padang Pariaman, dan pembangunan jalan Kiliranjao- Sungai Dareh- Junction (Koto Baru) berlokasi di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.

Jembatan di Kelok Sembilan itu terdiri dari enam jembatan dengan total panjang 963 meter, menghubungkan Sumbar dengan perbatasan Riau dan dijadwalkan selesai tahun 2009.

Kelok Sembilan Sumbar satu jalur padat lalu lintas kendaraan tiap harinya yang rawan kemacetan terutama pada hari libur nasional dan hari besar lainnya seperti Lebaran dan Natal.

Kondisi jalan itu kini sangat sempit, macet dan terjal berakibat cukup rawan terjadi kecelakaan.

Lokasi ini juga merupakan jalur ekonomi kedua daerah yakni Sumbar dan Riau, terutama bagi pedagang dari Riau untuk membeli konveksi ke Kota Bukittinggi dan Padang.

Berdasarkan hasil studi apabila jembatan ini dapat dioperasikan maka akan dilalui 6.800 kendaraan tiap hari, sedangkan pada hari libur bisa mencapai 11.350 kendaraan.

ANTARA Sumbar

daftar komentar untuk berita Leave a comment

indeks berita RSS Berita Sumatera Barat | ANTARA Sumbar

Mercure Hotel Padang
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar